[SALAH] Rumah Anies Baswedan digeruduk oleh pendukung Sandiaga Uno

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Klaim yang dibawa oleh unggahan tersebut tidak benar, karena di sepanjang isi video tidak ada bukti penjelasan ada kejadian dimana rumah Anies Baswedan digeruduk oleh Sandiaga Uno, seperti yang dijelaskan dalam judul video tersebut.

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Youtube https://archive.cob.web.id/archive/1676117084.561576/singlefile.html 

===========

[NARASI]: “GAWATTT…!!! PENDUKUNG SANDIAGA UNO GERUDUK RUMAH ANIES?”

===========

[PENJELASAN]: Beredar sebuah unggahan yang mengatakan adanya pemberitaan mengenai rumah Anies yang tengah digeruduk oleh pendukung Sandiaga Uno. Dalam thumbnail videonya tersebut terdapat gambar seakan-akan ada penggerudukan massa yang dilakukan kepada rumah milik Anies.

Unggahan yang diunggah 8 Februari lalu tersebut rupanya tidak menjelaskan sama sekali mengenai peristiwa yang diklaim sesuai pada judul dan thumbnail tersebut, tidak ada konfirmasi yang akan kita temukan di sepanjang video berdurasi 10 menit tersebut. Justru apa yang dibahas dalam video adalah pembahasan mengenai tanggapan beberapa tokoh mengenai isu utang piutang Anies Baswedan ke Sandiaga Uno di pilkada DKI 2017 lalu.

Dengan demikian unggahan video tersebut merupakan informasi yang salah, dikarenakan tidak adanya pembahasan yang sesuai dengan peristiwa yang dibawa dalam judul dan thumbnail video tersebut.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.suara.com/news/2023/02/11/143318/anies-dibombardir-isu-utang-piutang-pilkada-dki-pks-ogah-pusing-kami-tatap-masa-depan-tak-lihat-belakang