[SALAH] Video “penculikan anak untuk dijual dan diambil jantungnya”

BUKAN penculikan. Kejadian di video itu adalah kejadian tahun 2020 di Lampung Utara. Pria dalam video adalah ayah kandung dari anak itu.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook Martina Siburian (fb.com/martina.siburian.9) pada 10 Februari 2023 mengunggah sebuah video dengan narasi:

“Teman2 silahkan diviralkan … penculikan anak untuk dijual dan diambil jantungnya adalah nyata dan bukan hoax. semoga lebih banyak lagi Para Orang Tua lebih waspada….penculik mengaku bapak dari anak tersebut,untung anak itu bilang ” itu bukan bapaknya” di butuhkan kewaspadaan petugas atau yg encurigai bila ada orng orng yg berlaku aneh,waspada…”

Sumber: archive.ph/0siwD (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang yang diklaim sebagai video penculikan anak merupakan konten yang menyesatkan.

Faktanya, bukan penculikan. Kejadian di video itu adalah kejadian tahun 2020 di Lampung Utara. Pria dalam video adalah ayah kandung dari anak itu.

Video yang sama, pernah diperiksa faktanya di artikel berjudul [SALAH] “Penculikan anak bukan isapan jempol, Kejadian ini tertangkap di Lampung” yang terbit di situs turnbackhoax.id pada 2 Maret 2020.

Dilansir dari artikel tersebut, melalui akun Instagram, Polsek Abung Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Lampung membantah klaim tersebut. Pria dalam video adalah ayah kandung dari anak itu. Pria itu adalah pasien pasien ODGJ (Orang Dengan Gangguan Kejiwaan).

Kepada petugas Polsek Abung Selatan, Sal, ibu sang anak, menyatakan suaminya dalam status berobat karena sakit jiwa sejak tahun 2008 di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Lampung. Menurut Polsek Abung Selatan, pria tersebut sudah diserahkan kepada pihak keluarga dan oleh pihak keluarga akan dibawa untuk berobat.

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2020/03/02/salah-penculikan-anak-bukan-isapan-jempol-kejadian-ini-tertangkap-di-lampung/
https://www.instagram.com/p/B9LG8I-Jk7T/

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo