[SALAH] “Penculikan anak bukan isapan jempol, Kejadian ini tertangkap di Lampung”

Bukan penculikan. Pria dalam video adalah ayah kandung dari anak itu. Pria itu adalah pasien pasien ODGJ (Orang Dengan Gangguan Kejiwaan). Kepada petugas Polsek Abung Selatan, ibu sang anak, menyatakan suaminya dalam status berobat karena sakit jiwa sejak Tahun 2008 di Rumah sakit Jiwa Provinsi Lampung.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Menyesatkan
=============================================

Akun Arris Chen (fb.com/arris.chen) mengunggah sebuah video dengan narasi sebagai berikut :

“Kejadian di Lampung.
Mohon perhatian ibu/bpk, tolong putra-putri nya selalu diawasi kalau bermain di luar….
Penculikan anak2 bukan isapan jempol…. Waspada lah… Kejadian ini tertangkap di Lampung.
SIKAT HABIS MANUSIA SAMPAH KAYAK INI GA ADA GUNA, DITEMBAK MATI aja, pak”

Sumber : https://perma.cc/J3RM-ZGPZ (Arsip) – Sudah dibagikan 51 kali saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim kejadian di video itu adalah penculikan anak ternyata salah. Melalui akun instagram, Polsek Abung Selatan, Kabupaten Lampung Utara, Lampung membantah klaim tersebut. Pria dalam video adalah ayah kandung dari anak itu. Pria itu adalah pasien pasien ODGJ (Orang Dengan Gangguan Kejiwaan).

Jelang magrib, pukul 18.00, Sabtu 29 Februari 2020, demikian medsos Polsek Abung Selatan yang dilansir pukul 09.11 Minggu, 1 Maret 2020, petugas memperoleh laporan seorang pria memegang anak kecil berusia 5 tahun di pinggir Jalan Lintas Tengah Sumatera, batas Kalibalangan dan Kembang Tanjung, dekat RM Taruko, Lampung Utara.

Dalam video sang ayah tidak tegas. Sedangkan sang anak terus meminta pulang, seperti ketakutan kepada bapaknya. Petugas Polsek Abung Selatan mengamankan OA, pria berusia 36 tahun itu, ke dalam mobil patroli. Namun ia melakukan perlawanan, menendang seorang petugas, tidur terlentang di jalan raya, dengan alasan tidak ingin berpisah dengan anaknya.

Melihat ayahnya tergeletak di aspal, tangis sang anak kian menjadi. Setelah berulang kali ditanya ingin pulang ke mana, sang anak menyebut rumahnya dekat Pertamina. Petugas menduga SPBU yang dimaksud berada di Tanjungratu, Way Pengubuan, Lampung Tengah.

Pria berusia 36 itu pun ditahan. Seorang wanita separo baya merayu anak yang histeris itu pulang. Mereka memang tinggal di Way Pengubuan.

Kepada petugas Polsek Abung Selatan, Sal, ibu sang anak, menyatakan suaminya dalam status berobat karena sakit jiwa sejak Tahun 2008 di Rumah sakit Jiwa Provinsi Lampung. Menurut Polsek Abung Selatan, pria tersebut sudah di serahkan kepada pihak keluarga dan oleh pihak keluarga akan dibawa untuk berobat.

REFERENSI
http://www.lampungtelevisi.com/2020/03/viral-tangis-anak-lampung-tengah-minta.html
https://www.instagram.com/p/B9LG8I-Jk7T/
https://www.instagram.com/p/B9Nx-spJpgA/

About Adi Syafitrah 1359 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo