[SALAH] Gambar Tangkapan Layar Artikel “Ustadz Abdul Somad: “Hukum Mencintai Pasangan Orang Lain Ternyata Tidak Dosa, Itulah Nilai Jihad”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Gambar tersebut telah disunting pada bagian judul. Faktanya, Ustadz Abdul Somad menyampaikan bahwa mencintai pasangan orang lain memang tidak dosa, tetapi jangan diteruskan.

=====

[KATEGORI] KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER] TWITTER
https://archive.cob.web.id/archive/1675842358.845895/singlefile.html

=====

[NARASI] Ustadz Abdul Somad: “Hukum Mencintai Pasangan Orang Lain Ternyata Tidak Dosa, Itulah Nilai Jihad

=====

[PENJELASAN]
Beredar kembali sebuah gambar tangkapan layar artikel yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “Habieb Falsu on Twitter” dengan klaim Ustadz Abdul Somad: hukum mencintai pasangan orang lain ternyata tidak dosa, Itulah nilai jihad.

Setelah ditelusuri gambar tangkapan layar tersebut adalah hoaks lama yang dibagikan kembali. Turnbackhoax.id pernah membahas klaim serupa pada 31 Agustus 2022 dengan judul [SALAH] Ustadz Abdul Somad: “Hukum Mencintai Pasangan Orang Lain Ternyata Tidak Dosa, Itulah Nilai Jihad”.

Narasi sebenarnya yang diunggah di Youtube channel dengan nama akun “Jalan Taubat”. Di video tersebut, Ustadz Abdul Somad memang mengatakan bahwa mencintai pasangan orang lain tidak dosa, hanya beliau justru menganjurkan untuk tidak melanjutkan tindakan tersebut. Tidak ada pernyataan Ustadz Abdul Somad mengenai jihad di video tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim Ustadz Abdul Somad: hukum mencintai pasangan orang lain ternyata tidak dosa, Itulah nilai jihad adalah salah dengan kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]
https://www.youtube.com/watch?v=0Ds27s2UsKI
https://turnbackhoax.id/2022/08/31/salah-ustadz-abdul-somad-hukum-mencintai-pasangan-orang-lain-ternyata-tidak-dosa-itulah-nilai-jihad/