[SALAH] Ustadz Abdul Somad: “Hukum Mencintai Pasangan Orang Lain Ternyata Tidak Dosa, Itulah Nilai Jihad”

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Hoaks berulang. Judul artikel yang terlampir tidak sesuai. Ustadz Abdul Somad menyampaikan bahwa mencintai pasangan orang lain memang tidak dosa, tetapi jangan diteruskan.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/IroU2

=====

Narasi
“Hukum mencintai pasangan orang lain ternyata tidak dosa, menurut Ustadz Abdul Somad itulah nilai jihad”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @Murdian09309315 mengunggah tangkapan layar dari berita Portal Jember yang menklaim bahwa Ustadz Abdul Somad, melalui ceramahnya, mengatakan bahwa mencintai pasangan orang lain tidak dosa dan justru merupakan jihad. Akun Twitter tersebut juga menambahkan komentar yang berbunyi “bisa hancur manusia gara gara lo, tomat”.

Cuitan yang diunggah pada 15 Agustus tersebut telah disukai 460 kali, serta telah dibagikan dan dikutip ulang oleh lebih dari 100 orang.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut merupakan hoaks berulang. Akun YouTube bernama “Jalan Taubat” telah mengunggah ceramah lengkap Ustadz Abdul Somad mengenai hukum mencintai pasangan orang lain. Di video tersebut, Ustadz Abdul Somad memang mengatakan bahwa mencintai pasangan orang lain tidak dosa, hanya beliau justru menganjurkan untuk tidak melanjutkan tindakan tersebut. Tidak ada pernyataan Ustadz Abdul Somad mengenai jihad di video tersebut.

Terlebih lagi, hoaks tersebut pernah dibahas oleh turnbackhoax.id dan dikategorikan sebagai koneksi yang salah.

Dengan demikian, tangkapan layar yang disebarluaskan oleh @Murdian09309315 merupakan konteks yang salah.

=====

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=0Ds27s2UsKI


https://turnbackhoax.id/2022/01/18/salah-hukum-mencintai-pasangan-orang-lain-ternyata-tidak-dosa-menurut-ustadz-abdul-somad-itulah-nilai-jihad/