[SALAH] Rudal Indonesia Hancurkan Tentara dan Senjata Australia

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video dengan klaim bahwa pasukan Indonesia berhasil menghabisi 73 pasukan Australia beserta sejumlah kiriman senjata dari Malaysia merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang artikel milik viva.co.id dengan judul “Rudal Rusia Bantai 73 Tentara Ukraina, Senjata Amerika Jadi Rongsokan”.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1675981623.85364/singlefile.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “TNI LUNCURKAN LUSINAN RUDAL BANTAI TENTARA AUSTRALIA, HINGGA SENJATA BANTUAN MALAYSIA JADI RONGSOKAN”

=======

[PENJELASAN]:

Channel YouTube Dunia Berita (https://www.youtube.com/@duniaberita2029) pada 7 Februari 2023 mengunggah video dengan klaim bahwa Indonesia berhasil membantai 73 pasukan Australia menggunakan serangan meriam dan artileri yang difokuskan ke wilayah vital di Australia. Selain membantai 73 pasukan Australia, serangan Indonesia itu juga menghancurkan sejumlah kiriman senjata dari Malaysia. Melalui narasi video diketahui bahwa kota-kota di Australia, termasuk Ibukota Canberra, telah dihujani oleh serangan Indonesia. Adanya serangan dari Indonesia terhadap Australia ini disebabkan karena Indonesia murka lantaran Australia tidak menyerah terkait dengan isu Pulau Pasir.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya narasi yang dibacakan dalam unggahan tersebut merupakan hasil suntingan karena narator hanya membaca ulang artikel milik viva.co.id (https://www.viva.co.id/) dengan mengubah subjek yang diberitakan. Artikel asli dengan judul “Rudal Rusia Bantai 73 Tentara Ukraina, Senjata Amerika Jadi Rongsokan” telah diunggah pada Jum’at, 15 Juli 2022. Dalam artikel tersebut, tertulis jika rudal milik Rusia-lah yang membantai tentara Ukraina, bukan rudal Indonesia yang membantai tentara Australia.

Unggahan asli milik viva.co.id

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh Dunia Berita merupakan konten yang dimanipulasi.

====

[REFERENSI]:
https://www.viva.co.id/militer/militer-dunia/1497733-rudal-rusia-bantai-73-tentara-ukraina-senjata-amerika-jadi-rongsokan