[SALAH] Iis Dahlia Meninggal Dunia

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video dengan thumbnail yang mengklaim bahwa penyanyi Iis Dahlia meninggal dunia akibat bunuh diri adalah konten yang dimanipulasi. Faktanya, Iis Dahlia yang dimaksud dalam video tersebut adalah seorang perempuan berusia 25 tahun yang tinggal di Kampung Salawe, Desa Bale Kencana, Cilegon, Banten.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1675830905.648201/singlefile.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “INNALILLAHI ! Keluarga Syok & Tak Menyangka, IIS DAHLIA Meninggal Dunia Mendadak”

=======

[PENJELASAN]:

Pada 3 Desember 2022, channel YouTube Galeri Seleb (https://www.youtube.com/@GaleriSeleb) mengunggah video dengan thumbnail yang mengklaim bahwa penyanyi Iis Dahlia telah meninggal dunia dengan cara gantung diri di dalam rumahnya. Iis Dahlia pertama kali ditemukan sudah tidak bernyawa dengan leher yang tergantung pada sebuah tali plastik. Dalam video tersebut dinarasikan bahwa Iis Dahlia diduga nekat bunuh diri pasca putus cinta dengan sang pacar.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya Iis Dahlia yang dimaksud dalam video tersebut bukanlah penyanyi dangdut Iis Dahlia. Melainkan Iis Dahlia yang merupakan perempuan berusia 25 tahun dan tinggal di Kampung Salawe, Desa Bale Kencana, Mancak, Cilegon, Banten. Dilansir dari laman website Radar Banten (https://www.radarbanten.co.id/), Iis Dahlia diduga nekat bunuh diri pada Sabtu, 12 Agustus 2017 karena putus cinta.

Unggahan asli milik radarbanten.co.id

Sementara hingga saat ini, penyanyi dangdut Iis Dahlia diketahui masih aktif di akun media sosial Instagramnya. Pada 7 Februari 2023 kemarin, Iis Dahlia mengunggah video mengenai acara pesta rakyat yang akan diadakan di Alun-Alun Purworejo pada Sabtu, 11 Februari 2023. Diketahui pula bahwa Iis Dahlia akan menjadi salah satu bintang tamu yang akan memeriahkan acara tersebut (https://www.instagram.com/isdadahlia).

Unggahan terbaru Iis Dahlia di akun Instagram pribadinya

=======

[REFERENSI]:
https://www.radarbanten.co.id/putus-cinta-iis-dahlia-gantung-diri/
https://www.instagram.com/p/CoWg366Oc6B/