[SALAH] Video Kemunculan Burung Garuda di Jawa Timur

Hasil periksa fakta Riza Dwi (Anggota Tim Kalimasada)

Informasi salah, burung yang terdapat pada video tersebut adalah seekor burung Andean condor yang baru dikembalikan ke alam liar dari penangkaran di Catamarca, Argentina.

=====
KATEGORI: Konteks yang Salah

=====
NARASI:
Yang menonton vidio ini beruntung bisa melihat Burung Garuda dalam wujud nyata, walau hanya dalam Video. Simpan video ini sebagai Dokumentasi, karena Burung Garuda Yg menjadi Lambang Negara kita ini Sangat Langka dan sebagian orang menganggapnya sebagai Mitos bahwa Tidak Ada burung yang suka melebarkan sayapnya hingga 24 Jam ….. Sangat Gagah, Ditakuti Semua Burung. Di Dunia Ini dia adalah Rajanya Burung.
Ternyata Burung Garuda Bukan Hanya Mitos Atau Dongeng. Dalam Cerita Ramayana Dia Adalah Jatayu. Burung Yang Sangat Jarang Menampakkan Dirinya. Tapi Baru2 Ini Garuda Telah Menampakkan Dirinya Di Daerah Hutan Gunung Penanggungan, Jawa Timur. Burung Yg Sayapnya Luar Biasa Lebar Dan sangat Indah. Mudah2 an Dengan Kemunculan Burung Ini menjadi Penanda Negara kita Republik Indonesia Tetap Kuat dan Jaya. Semoga Saudara2 Ku Yang menyaksikan Video Ini senantiasa diberikan rahmat berkah kesehatan, Panjang Umur, Bahagia lahir dan batin 🙏🙏🙏”

=====
SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1675558079.08357/singlefile.html

=====
PENJELASAN:

Beredar kembali sebuah video burung yang mengepakkan sayap di daerah pegunungan melalui sebuah akun Facebook. Video tersebut diklaim adalah video burung garuda yang muncul di daerah hutan Gunung Penanggungan, Jawa Timur. Video tersebut diunggah oleh akun Facebook Irma Wati pada 1 Februari 2023.

Setelah ditelusuri video tersebut adalah hoaks lama yang dibagikan kembali. Turnbackhoax.id pernah membahas kalim serupa pada 9 Agustus 2022 dengen judul “[SALAH] Video Burung Garuda di Gunung Penanggungan, Jawa Timur”. Artikel tersebut menjelaskan bahwa video tersebut pertama kali diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna “Silvana V Andrade” (https://www.facebook.com/silvana.v.andrade/). Silvana sendiri merupakan pendiri ANDA, sebuah organisasi pencinta hewan di Argentina. Burung dalam video tersebut bukan burung garuda melainkan seekor burung Andean condor yang baru dikembalikan ke alam liar dari penangkaran di Catamarca, Argentina.

Pada 9 Mei 2022, Turnbackhoax.id juga membahas klaim sama dengan judul “[SALAH] Video Burung Garuda”. Ditemukan artikel yang membahas video dan gambar serupa di thedodo.com dengan judul “Giant Condor Stops To ‘Thank’ Rescuers Before Returning To Wild” jika diterjemahkan “Condor Raksasa Berhenti Untuk ‘Berterima Kasih’ kepada Penyelamat Sebelum Kembali ke Alam Liar”.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim burung garuda muncul di Jawa Timur adalah salah dan termasuk dalam kategori konteks yang salah.

=====
REFERENSI: