[SALAH] Video “4 Februari 2023, Deklarasi tambah 1 Periode lagi ini di Hadiri Langsung Oleh Presiden RI Joko Widodo”

BUKAN pada tahun 2023. Peristiwa di video itu terjadi pada tahun 2019, saat sebagian Alumni Sekolah Menengah Atas Pangudi Luhur mendeklarasikan dukungan kepada Calon Presiden Joko Widodo atau Jokowi – Ma’ruf Amin menjelang Pilpres 2019.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Twitter Andi Sinulingga (twitter.com/AndiSinulingga) pada 4 Februari 2023 mengunggah sebuah video dengan narasi sebagai berikut:

“Deklarasi tambah 1 Periode lagi ini di Hadiri Langsung Oleh Presiden RI Joko Widodo, dan kelihatannya beliau senang sekali.”

Sumber: archive.ph/72T0L (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang diklaim sebagai deklarasi tambah satu periode untuk Presiden Joko Widodo dan dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi pada 4 Februari 2023 merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, bukan pada tahun 2023. Peristiwa di video itu terjadi pada tahun 2019, saat sebagian Alumni Sekolah Menengah Atas Pangudi Luhur atau SMA PL Jakarta mendeklarasikan dukungan kepada Calon Presiden Joko Widodo atau Jokowi – Ma’ruf Amin menjelang Pilpres 2019.

Foto yang identik dengan kondisi di video itu dimuat di artikel berjudul “Jokowi ke Alumni Pangudi Luhur: Kok Dukung Saya?” yang terbit di situs tempo.co pada Kamis, 7 Februari 2019.

Foto ini diberi keterangan: “Calon presiden Joko Widodo menerima cinderamata berupa sapu lidi dari perwakilan Alumni Pangudi Luhur BerSATU di Soehanna Hall, The Energy Building, SCBD, Jakarta, Rabu malam, 6 Februari 2019.”

Persamaan antara video dan foto itu adalah peserta yang mengenakan kaus hitam bertuliskan “Berbeda tapi BerSATU” dan adanya Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf saat itu, Erick Thohir.

REFERENSI
https://nasional.tempo.co/read/1172989/jokowi-ke-alumni-pangudi-luhur-kok-dukung-saya

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo