[SALAH] Video “CHINA DESAK MALAYSIA MENYERAH KE INDONESIA SEBELUM TERLAMBAT SEPETI AUSTRALIA”

MENYESATKAN, berisi pembacaan artikel dengan mengganti aspek yang berkaitan dengan Israel, Ukraina dan Rusia untuk mengesankan video berkaitan dengan Tiongkok, Indonesia dan Malaysia. FAKTA: selain mengganti bagian tertentu artikel, berisi potongan-potongan video dari peristiwa yang TIDAK berkaitan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: Facebook, https://archive.ph/Y1WkR (arsip cadangan).

NARASI: “HEBOH…!!! TIBA2 CHINA DESAK MALAYSIA MENYERAH KE INDONESIA SEBELUM TERLAMBAT SEPETI AUSTRALIA”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”. [1]

SUMBER membagikan konten yang isinya menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN. FAKTA: berisi pembacaan artikel dengan mengganti aspek yang berkaitan dengan Israel, Ukraina dan Rusia untuk mengesankan video berkaitan dengan Tiongkok, Indonesia dan Malaysia. Selain mengganti bagian tertentu artikel, berisi potongan-potongan video dari peristiwa yang TIDAK berkaitan.

Verifikasi Video

Salah satu potongan video yang digunakan oleh SUMBER faktanya adalah rekaman kunjungan Perdana Menteri Mahathir Mohamad ke Tiongkok, salah satu video yang meliput acara oleh CGTN di YouTube: “Chinese President Xi Jinping met with Malaysian Prime Minister Mahathir Mohamad in Beijing on Monday. Xi Jinping said Malaysia is an important country on the ancient Maritime Silk Road, and that he appreciates Mahathir’s support for the Belt and Road Initiative. Mahathir said his visit to China is a big step for Malaysia’s new government and its friendly policy towards China will not change.” [2]

Artikel yang dibaca di video, REPUBLIKA.CO.ID: “Perdana Menteri Israel Naftali Bennett dilaporkan telah meminta Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk menyerah kepada Rusia. Hal itu diungkap Jerusalem Post dalam laporannnya pada Jumat (11/3/2022).” [3]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Salah satu bagian video yang identik dengan yang digunakan oleh SUMBER, Adri Nangzeen di YouTube: “Komando latihan pertempuran”. [4]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] youtube.com: “President Xi Jinping meets Malaysian PM Mahathir in Beijing”, https://bit.ly/3DanjR6 / https://archive.ph/QzAmV (arsip cadangan).

[3] republika.co.id: “PM Israel Dilaporkan Minta Ukraina Menyerah kepada Rusia”, http://bit.ly/3RcxudS / https://archive.ph/xdDWY (arsip cadangan).

[4] youtube.com: “KOMANDO LATIHAN PERTEMPURAN || DISINI PARA RAIDER DILAHIRKAN (Video HD)”, https://bit.ly/3XUGne3 / https://archive.ph/8sJhA (arsip cadangan).