[SALAH] PERCEPAT KIAMAT AUSTRALIA…! RUSIA DAN SEKUTU ANCAM TEMBAK JATUH SATELIT KOMERSIAL MILIK BARAT

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang dimanipulasi. Video yang diunggah merupakan video yang diunggah Kementerian Pertahanan Rusia dan kunjungan presiden Jokowi ke Rusia dengan misi damai yang tidak ada kaitannya dengan konflik Pulau Pasir seperti yang dinarasikan dalam video.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1674563197.543079/singlefile.html

= = = = =

Narasi :
“PERCEPAT KIAMAT AUSTRALIA…! RUSIA DAN SEKUTU ANCAM TEMBAK JATUH SATELIT KOMERSIAL MILIK BARAT”

= = = = =

Penjelasan :

Akun Youtube DINDING PERTAHANAN menggunggah video pada 23 Januari 2023 dengan judul “PERCEPAT KIAMAT AUSTRALIA…! RUSIA DAN SEKUTU ANCAM TEMBAK JATUH SATELIT KOMERSIAL MILIK BARAT”. Video tersebut berisi beberapa kumpulan video pertempuran dan pertemuan diplomasi dengan narasi bahwa Rusia akan mengerahkan bantuan untuk Indonesia dalam konflik Pulau Pasir dengan Australia, dalam video disebutkan juga bahwa Australia didukung oleh negara-negara Barat dalam konflik ini.

Salah satu video yang dicuplik adalah video serangan artileri yang diunggah oleh akun Youtube resmi Kementerian Pertahanan Rusia pada tanggal 15 September 2021.

Video pertemuan Vladimir Putin dan Joko Widodo yang ditampilkan sebenarnya merupakan video kunjungan Jokowi ke Rusia dalam rangka misi damai. Video diunggah oleh akun Youtube KOMPASTV pada tanggal 30 Juni 2022 dengan judul “Pertemuan Presiden Jokowi dan Vladimir Putin, Pengamat: Strategi Diplomasi Mereka Luar Biasa”.

Hasil penelusuran menujukkan bahwa video merupakan hasil editan dari beberapa video yang dikumpulkan jadi satu dengan narasi yang tidak sesuai. Tidak ada peperangan ataupun dukungan dari sekutu dalam konflik Pulau Pasir antara Indonesia dan Australia seperti yang dinarasikan dalam video.

= = = = =

Referensi :


https://www.youtube.com/watch?v=h3_plKZyoIE&t=5s
https://www.youtube.com/watch?v=GMPcKj5Z6Eo