[SALAH] Terkuaknya Sifat Asli Ibu Rihanah Terhadap Norma Risma

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video dengan klaim terbongkarnya sifat asli Ibu Rihanah terhadap anaknya Norma Risma merupakan konten dengan koneksi yang salah dikarenakan isi konten dengan judul yang diberikan tidaklah selaras.

=========

[KATEGORI]

Koneksi yang Salah

========
[NARASI]
“Woww… Baru Terungkap!! Ibu Rehana Keceplosan, Akhirnya Ketahuan Sifat Aslinya Terhadap Norma Risma”

Sumber: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1674568683.884669/singlefile.html

==========

[PENJELASAN]

Pada tanggal 17 Januari 2023 lalu sebuah akun pada media sosial facebook dengan nama Gost (https://www.facebook.com/profile.php?id=100082398851510) mengunggah sebuah video dengan klaim berhasil membongkar sifat asli dari ibunda Norma Risma, Rihanah Anah. Seorang mertua yang melakukan hubungan perselingkuhan dengan menantunya sendiri, Rozy Zay Hakiki. Pemilik channel tersebut menulis judul dengan klaim bahwa Ibu Rihanah keceplosan hingga mengakibatkan terkuaknya sifat asli beliau terhadap anaknya, Norma. Namun, isi video tersebut justru sama sekali tidak menampilkan pemberitaan mengenai sikap Ibu Rihanah kepada Norma Risma seperti yang tertera pada judul unggahan.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail foto yang digunakan pada unggahan tersebut merupakan potongan video yang diunggah oleh akun youtube Visual Generation (https://www.youtube.com/@VisualGenerationOfficial) pada 15 Januari 2023 yang berisikan wawancara oleh Wasrul Warid terhadap Ibu Rihanah. Dalam isi wawancara tersebut pun juga lebih membahas mengenai bantahan-bantahan yang diberikan oleh ibu Rihanah terhadap pemberitaan perselingkuhan yang menerpa dirinya dengan menantunya tersebut.

Tak hanya itu, potongan video lain yang ditampilkan juga diambil dari video-video yang diunggah pada akun youtube lain yang tidak memiliki korelasi dengan klaim yang disampaikan pada judul video. Seperti video yang diunggah oleh channel youtube Anjas Asmarra (https://www.youtube.com/@AnjasAsmarra) pada 16 Januari 2023 di mana dalam video tersebut lebih berisikan komentar-komentar sang penunggah video terhadap wawancara Ibu Rihanah, Rozy, serta Norma.

[REFERENSI]

[1] https://www.youtube.com/watch?v=a8vXgAZcQ9c

[2] https://www.youtube.com/watch?v=blOtUc_dsCw