[SALAH] Jokowi Tegaskan Siap Keluar Dari WTO

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani.

Video tersebut tidak benar. Tidak ada pernyataan Jokowi yang menyatakan siap keluar dari World Trade Organization (WTO). Faktanya, saat ini pemerintah terus melakukan banding agar hilirisasi nikel di NKRI bisa terus dilanjutkan.

=========
[KATEGORI]

Konten Menyesatkan

========
[NARASI]

“Fix Jokowi tegaskan siap keluar WTO,,Eropa malah menghalangi hilirisasi Jokowi…”

Sumber : Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1674643603.543027/singlefile.html

=========
[PENJELASAN]

Beredar sebuah video Facebook yang mengklaim Jokowi siap keluar dari World Trade Organization (WTO) atau organisasi perdagangan dunia karena kalah banding terhadap larangan ekspor nikel ke Uni Eropa. Tidak ditemukan pernyataan dari Jokowi yang menyatakan akan keluar dari WTO.

Dilansir dari Kumparan.com, Jokowi begitu optimis membawa Indonesia menjadi negara maju. Meskipun kalah banding, Jokowi tetap melakukan hilirisasi nikel karena sudah terbukti memiliki nilai tambah senilai 360 triliun per tahun.

Saat ini, Presiden Jokowi menunjuk Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Priansari Marsudi untuk mengajukan banding melawan Uni Eropa di WTO atas kasus pelarangan ekspor bijih nikel mentah milik RI ke luar negeri.

Dengan demikian video yang mengklaim Jokowi siap keluar dari WTO adalah hoaks kategori konten yang menyesatkan.

=========
[REFERENSI]

https://amp.kompas.com/cekfakta/read/2023/01/03/122400882/-hoaks-jokowi-keluar-dari-konfederasi-uni-eropa-dan-asean

https://kumparan.com/kumparanbisnis/jokowi-belum-tahu-langkah-yang-akan-ditempuh-kalau-banding-nikel-kalah-di-wto-1zbsYwwrAAE

https://www.google.com/amp/s/www.cnbcindonesia.com/news/20230120104025-4-407047/jokowi-utus-perempuan-ini-lawan-eropa-di-wto-ini-updatenya/amp