[SALAH] BANTUAN SALDO DANA SENILAI RP2 JUTA DARI PEMERINTAH PERIODE JANUARI 2023

Pihak DANA menyatakan jika hal tersebut tidak benar dan berpotensi adanya percobaan phishing. DANA Indonesia mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap segala hal yang mencatut pihaknya.

KATEGORI: MISLEADING CONTENT/ KONTEN YANG MENYESATKAN

===

SUMBER: MEDIA SOSIAL FACEBOOK

https://archive.cob.web.id/archive/1673928225.247624/singlefile.html

===

NARASI:

Ingin Dapat Saldo DANA Gratis Rp.2 Juta Cair Januari 2023 Dari Pemerintah, Begini Cara Daftarnya

SIDIK JARI- Harap verifikasi nama Anda setelah Anda menerima informasi ini. Ini karena Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan sebagai penerima saldo DANA dari Pemerintah.

Menurut informasi, bantuan saldo DANA gratis dari Pemerintah akan dicairkan lagi Januari mendatang atau awal 2023

Buruan ambil sebelum hangus link di bawah

https://link.bicolink[dot] com/KAl09B6

===

PENJELASAN: Beredar melalui media sosial Facebook, informasi seputar adanya bantuan dari pemerintah periode Januari 2023 yang disalurkan melalui aplikasi DANA senilai Rp2 juta. Menurut narasi yang beredar, jika ingin mendapat bantuan tersebut masyarakat diminta untuk mengklik link yang disematkan.

Namun setelah ditelusuri lebih lanjut, diketahui jika bantuan tersebut adalah palsu alias hoaks. Melansir dari Kompas.com, pihak DANA Indonesia menyatakan jika link yang disematkan pada narasi tersebut berpotensi adanya percobaan phishing.

Corporate Communications DANA Indonesia, Fransisca K Widyasari mengimbau masyarakat agar berhati-hati terhadap segala bentuk informasi yang mencatut DANA Indonesia, dan mencari segala bentuk informasi terkait DANA Indonesia melalui platform-platform resmi atau terverifikasi.

“Sehubungan dengan adanya percobaan phishing dan berita hoaks yang mengatasnamakan DANA Indonesia melalui platform WhatsApp, Facebook Group maupun platform lainnya, DANA mengimbau para pengguna untuk mengabaikan seluruh informasi yang bukan berasal dari platform resmi DANA,” ujar Fransisca.

Berdasar pada seluruh referensi, bantuan pemerintah senilai Rp2 juta yang disalurkan melalui DANA Indonesia tidak benar adanya. Unggahan yang beredar di Facebook tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

====

REFERENSI:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/01/17/080100782/-hoaks-saldo-dana-rp-2-juta-dari-pemerintah-pada-januari-2023