[SALAH] SURAT EDARAN PENGGALANGAN DANA OLEH DINSOS PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Pihak terkait yakni Dinas Sosial Kalimantan Selatan telah menyatakan jika surat tersebut bukan dibuat oleh pihaknya atau dengan kata lain surat tersebut palsu. Dinsos Kalsel juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap informasi yang mencatut pihaknya.

KATEGORI: IMPOSTER CONTENT/KONTEN TIRUAN

===

SUMBER: TANGKAPAN LAYAR SURAT EDARAN

===

NARASI:

“SURAT EDARAN

NOMOR : 065/01128/2022

TENTANG

PENGGALANGAN DANA DONASI

Menindaklanjuti Edaran Dari Dinas Sosial Nomor 427/3.2/BS.01.02/06/2022 Tanggal 04 Januari 2023 Perihal : Pemberitahuan Kelayakan Penerima Santunan Donasi Dalam Rangka Pelunasan Kesejahteraan Sosial (PPKS)  Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Akan Melakukan kegiatan program penggalangan dana donasi yang akan diberikan untuk pengurus Yayasan/Lembaga: (KB,PAUD,TK,MI,PKBM) sudah terdata sebagai penerima donasi pada tanggal 04 Januari 2023.

(Narasi selengkapnya di bagian setelah referensi)

===

PENJELASAN: Beredar surat edaran dengan nomor 065/01128/2022, terkait penggalangan donasi bantuan pelunasan pelayanan kesejahteraan sosial ditujukan kepada yayasan atau lembaga oleh Dinas Sosial wilayah Kalimantan Selatan yang ditandatangani oleh Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor.

Namun setelah ditelusuri lebih lanjut, diketahui jika surat tersebut palsu. Melansir dari kalsel.inews.id pihak Dinas Sosial wilayah Kalimantan Selatan menyatakan jika pihaknya tidak pernah membuat surat seperti halnya yang tengah beredar.  Kepala Seksi Pemberdayaan Perorangan, Keluarga dan PSDS Dinsos Kalsel, Rahmat dalam klarifikasinya menyebut jika terdapat beberapa hal janggal yang dilampirkan pada surat.

“Jika dianalisis baik secara substansi maupun tata penulisan surat edaran tersebut seperti redaksi surat, mengartikan singkatan PPKS seharusnya diartikan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial, tapi ini saja sudah salah kaprah,” kata Rahmat

Berdasar pada seluruh referensi, dapat dipastikan jika surat edaran penggalangan dana oleh Dinas Sosial wilayah Kalimantan Selatan tidak sesuai fakta. Surat tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori imposter content atau konten tiruan.

===

REFERENSI:

https://kalsel.inews.id/berita/viral-surat-edaran-penggalangan-dana-donasi-dinsos-kalsel-ternyata-ini-fakta/all
https://web.facebook.com/permalink.php?story_fbid=pfbid02ie3fKeweAbuw5ndc81EyW5fxbePVp19kDML88UT7xWDzboRUzP4UnJSfYx3nKqiHl&id=100064984861991

===

NARASI LANJUTAN:

menindaklanjuti dengan cara menghubungi salah satu pengurus pengelola Yayasan/Lembaga dengan 3 (Tiga) syarat yang diperlukan:

1. Struktur organisasi

2. Foto/video (organisasi/Yayasan/Lembaga)

3. Nomor rekening Yayasan/Lembaga

Dan untuk donasi yang akan dibagikan ini berbentuk uang tunai yang nantinya akan disalurkan melalui rekening Yayasan/Lembaga.

Demikian pemberitahuan ini disampaikan, atas perhatiannya disampaikan terimakasih

GUBERNUR KALIMANTAN SELATAN

H Sahbirin Noor”