[SALAH] Betrand Peto dipulangkan Ruben Onsu ke NTT

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Faktanya isi dari pemberitaan tersebut merupakan informasi yang salah, karena Ruben Onsu tidak melakukan tindakan yang sama seperti yang disebutkan pada video tersebut, yaitu memulangkan Betrand Peto ke NTT.

===========

[KATEGORI]: Konten palsu

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://archive.cob.web.id/archive/1673551689.906125/singlefile.html

===========

[NARASI]: “Akhirnya Ruben Onsu Pulangkan Betrand Peto Ke NTT”

===========

[PENJELASAN]: Beredar sebuah unggahan video di channel youtube milik akun Andi Wijaya, pada 6 Januari 2023 yang membawa judul bahwa Ruben Onsu telah mengembalikan putra angkatnya, Betrand Peto. Video itu berhasil mendapatkan 54 ribu views, 306 likes, dan 69 komentar hingga pada saat artikel ini ditulis. Tak sedikit dari komentar di video tersebut yang mempercayai kebenaran dari video hoax tersebut, beberapa contoh komentarnya antara lain:

“Tindakan yg tepat ruben..semoga keluarga ruben sll baik² saja”, ujar akun bernama Siti Zaenab

“Pulangkan saja”, ujar akun bernama Cettot Acoustic

Di menit ke 0:42 dalam video ini, narasinya menyebutkan bahwa adanya keretakan hubungan antara Ruben dengan Betrand yang mengakibatkan Ruben mengambil keputusan untuk memulangkan Betrand ke NTT. Padahal pada saat artikel ini ditulis yaitu pada 12 Januari 2023, Ruben dan Betrand tidak menunjukkan adanya tanda-tanda perpecahan hubungan antar keduanya. Dapat dilihat dari unggahan Instagram milik keduanya, yang masih memiliki hubungan harmonis, seperti adanya unggahan foto Betrand dengan Ruben yang nampak sedang bernyanyi di panggung bersama yang baru saja diupload tanggal 12 Januari 2023 ini, story Instagram Betrand Peto yang terlihat sedang melakukan sesi foto bersama Ruben Onsu, dan di akun Instagram milik Ruben yang terlihat sedang melakukan live bersama Betrand Peto.

Dari berbagai bukti yang ditemukan, dapat disimpulkan bahwa video yang diunggah oleh sumber klaim merupakan konten palsu.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.instagram.com/betrandpetoputraonsu/

https://www.instagram.com/ruben_onsu/

Ruben yang terlihat sedang melakukan live bersama Betrand Peto