[SALAH] “KOTA SENTANI PAPUA MENJADI LAUTAN API USAI DIBAKAR OLEH PERUSUH”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Klaim kerusuhan di kota Sentani Papua memanas perusuh sampai bakar keseluruh kota merupakan Informasi yang menyesatkan. Faktanya, video tersebut merupakan peristiwa kebakaran yang terjadi di Pasar Pharaa Sentani, Kabupaten Jayapura. Kebakaran berasal dari salah satu lapak di pasar, dugaan saat ini sumber api berasal dari lapak cakar bongkar.

=====

[KATEGORI] KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER] TIKTOK
https://archive.cob.web.id/archive/1673533096.503531/singlefile.html

=====

[NARASI]
Malam ini suasana di kota Sentani Papuai memanas terjadi pembakaran kota yang dilakukan oleh para perusuh, bahkan informasi yang didapat sudah banyak korban dari pendatang. Indonesia harusnya melepaskan Papua yang selama ini dimarjinalkan oleh NEGARA INDONESIA

=====

[PENJELASAN]
Sebuah akun Tiktok dengan nama pengguna “Sahertian AvnerHarry” mengunggah video yang memperlihatkan kebakaran di malam hari dengan klaim bahwa sedang terjadi kerusuhan hingga pembakaran di Kota Sentani, Papua yang dilakukan oleh perusuh.

Setelah melakukan penelusuran, Faktanya, video tersebut merupakan pristiwa kebakaran yang terjadi di Pasar Sentani, Kabupaten Jayapura.

Melansir dari kompas.com. Berdasarkan olah tempat kejadian perkara dan pemeriksaan sejumlah saksi, polisi menduga kebakaran berasal dari salah satu lapak di pasar, dugaan saat ini sumber api berasal dari lapak cakar bongkar.

Dengan demikian, video dengan klaim terjadi kerusuhan di Kota Sentani, Papua yang dilakukan oleh perusuh merupakan konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]
https://amp.kompas.com/regional/read/2023/01/09/181539178/ratusan-lapak-di-pasar-pharaa-sentani-terbakar-polisi-dalami-penyebab