[SALAH] “MERENDAM KAKI MENGGUNAKAN MINYAK TANAH, GARAM DAN ES BATU DAPAT MEREDAKAN KOLESTEROL, ASAM URAT DAN DARAH TINGGI”

Hasil periksa fakta Yudho ardi

Informasi yang salah. Faktanya, Dr. Ari sebagai guru besar departemen penyakit dalam mengatakan Klaim tentang merendam kaki menggunakan minyak tanah, garam dapur, dan es batu bisa mengobati asam urat hingga darah tinggi ternyata tidak benar.

=====

[KATEGORI] KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER] FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1673013575.973552/singlefile.html

=====

[NARASI]
Begini cara mengobati penyakit asam urat,kolestrol,tekanan darah tinggi..
Bahan yg di gunakan :
1.minyak tanah 1 liter
2.garam dapur 1 bks
3.es batu 2 bungkus di hancurkan / minyak tanah
Diaduk didalam tempat seperti gambar di bawah ini lalu rendam kaki kita sampai semampu kita menahan rasa sakitnya

=====

[PENJELASAN]
Sebuah akun Facebook dengan nama “Tips dan inspirasi berkebun” membagikan unggahan dengan klaim cara mengobati penyakit asam urat, kolestrol, tekanan darah tinggi dengan cara merendam kaki menggunakan minyak tanah, garam dan es batu.

Melansir dari Liputan6.com, Dr. Ari mengatakan klaim merendam kaki menggunakan minyak tanah, garam dapur, dan es batu bisa mengobati asam urat hingga darah tinggi adalah tidak benar. karena tidak ada bukti ilmiah dan penelitian yang mendukung klaim tersebut.

Adapun cara untuk meredakan asam urat, kolestrol, tekanan darah tinggi dengan benar adalah Membatasi konsumsi protein Dalam kondisi normal, Menambah konsumsi karbohidrat kompleks, Menyesuaikan asupan dan kebutuhan energi, Mengurangi konsumsi lemak, Meningkatkan cairan dan hindari alkohol dan disertai dengan olahraga yang teratur.

Dengan demikian klaim cara mengobati penyakit asam urat, kolestrol, tekanan darah tinggi dengan cara merendam kaki menggunakan minyak tanah, garam dan es batu, merupakan konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI}
https://m.liputan6.com/cek-fakta/read/4415473/cek-fakta-benarkah-merendam-kaki-dengan-minyak-tanah-garam-dan-es-bisa-sembuhkan-asam-urat
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/01/02/152944782/hoaks-merendam-kaki-di-campuran-minyak-tanah-garam-dapur-dan-es-batu