[SALAH] Foto Anies sedang Makan di Warung Sederhana Babi Guling

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Foto merupakan suntingan. Faktanya, foto yang asli Anies sedang makan nasi lengko di Kota Cirebon, Jawa Barat.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =
KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =
SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1672909488.96045/singlefile.html

= = = = =
NARASI:
“WARUNG SEDERHANA BABI GULING”
Caption
“Makan dulu kadrun”

= = = = =
PENJELASAN:
Akun Facebook Umar Bin Khattab pada 5 Januari 2023 pukul 01.33 memposting sebuah gambar yang memperlihatkan Anies sedang menyantap babi. Dalam foto tersebut juga terdapat narasi yang mengklaim Anies makan di warung sederhana babi guling.
Setelah ditelusuri menggunakan Yandex ditemukan foto yang mirip dengan foto postingan Facebook dalam artikel Detiknews berjudul “Mampir di Cirebon, Anies Baswedan Nostalgia Makan Nasi Lengko”. Foto dalam artikel dengan Facebook memperlihatkan Anies yang duduk bersebelahan dengan anak berbaju merah dan laki laki berbaju putih yang menggunakan kacamata. Selain itu dari meja makan serta galon yang berada di belakang Anies juga menandakan lokasi tersebut sama.

Lebih lanjut, dalam salah satu artikel Bisnis.com berjudul “Sebelum ke Tegal, Anies Baswedan Nostalgia Kuliner Khas Cirebon” ditemukan juga foto yang identik dengan foto di Facebook. Dari artikel tersebut didapatkan informasi bahwa Anies sebelum melanjutkan perjalanannya ke Tegal, menyempatkan diri mampir ke Kota Cirebon, Jawa Barat untuk makan nasi lengko sekaligus bernostalgia.

Dengan demikian, foto Anies makan di warung sederhana babi guling merupakan suntingan. Foto yang asli Anies sedang makan nasi lengko di Kota Cirebon, Jawa Barat, sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://news.detik.com/berita/d-3458881/mampir-di-cirebon-anies-baswedan-nostalgia-makan-nasi-lengko
https://bandung.bisnis.com/read/20170329/549/1102298/sebelum-ke-tegal-anies-baswedan-nostalgia-kuliner-khas-cirebon