[SALAH] Video “Ri Tolak Perdamaian Tingkatkan Serangan Brutal Ke Kota Kuala Lumpur Malaysia”

MENYESATKAN. FAKTA: selain berisi potongan-potongan video dari peristiwa yang TIDAK berkaitan, video sebenarnya hanya mentranskrip artikel dengan mengganti aspek yang berkaitan dengan konflik Ukraina vs Rusia menjadi Malaysia vs Indonesia.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: Facebook, https://archive.ph/UhCMZ (arsip cadangan).

NARASI: “Ri Tolak Perdamaian !! Tingkatkan Serangan Brutal Ke Kota Kuala Lumpur Malaysia”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”. [1]

SUMBER membagikan konten yang isinya menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN. FAKTA: selain berisi potongan-potongan video dari peristiwa yang TIDAK berkaitan, video sebenarnya hanya mentranskrip artikel dengan mengganti aspek yang berkaitan dengan konflik Ukraina vs Rusia menjadi Malaysia vs Indonesia.

Verifikasi Video

Salah satu sumber potongan video yang identik dengan yang digunakan oleh SUMBER, CNN di YouTube: “CNN’s Fareed Zakaria examines the use of drones on the battlefield and argues that, at least for now, they’re mostly a sidekick to other tactics and weapons systems. #CNN #News” [2]

Artikel yang ditranskrip di video, KOMPAS.com: “Kota Kherson di selatan Ukraina yang baru-baru ini dibebaskan terkena serangan mortir dan artileri hebat dari pasukan Rusia di seberang sungai Dnipro. Di sisi lain, Kremlin menolak rencana perdamaian Ukraina, menuntut Kyiv menerima aneksasi empat wilayahnya. Dilansir dari Reuters, Kherson tetap berada di bawah pengeboman dari pasukan Rusia yang mundur ke tepi timur sungai ketika kota itu direbut kembali dalam kemenangan besar bagi Ukraina bulan lalu.” [3]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Salah satu sumber foto yang muncul di video, RFE/RL: “Vagner founder Yevgeny Prigozhin praised the gruesome video, which he described as having “excellent directional work.”” (deskripsi foto) [4]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] youtube.com: “See how drone attacks in Ukraine are reshaping warfare”, https://bit.ly/3GBwOej / https://archive.ph/2PZZK (arsip cadangan).

[3] kompas.com: “Rusia Tolak Rencana Damai, Malah Tingkatkan Serangan Brutal”, https://bit.ly/3Z86fEJ / https://archive.ph/erKU0 (arsip cadangan).

[4] rferl.org: “Telegram Channel With Vagner Group Ties Shows Apparent Sledgehammer Killing Of Alleged Defector To Ukrainian Side”, https://bit.ly/3CqL8DR / https://archive.ph/3ZnkY (arsip cadangan).