[SALAH] Gambar Tangkapan Layar Artikel Detiknews “jokowi resmikan bendrera indonesia terbaru”

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Gambar tersebut telah disunting pada bagian judul. Faktanya, diketahui bahwa tangkapan layar tersebut berasal dari artikel milik Detiknews berjudul “Jokowi Dinilai Akan Reshuffle Menteri dari NasDem Buntut Dukung Anies”.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1672669495.607522/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“jokowi resmikan bendrera indonesia terbaru”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Tiktok fifaindonesi4 ( https://www.tiktok.com/@fifaindonesi4) memposting video yang didalamnya terdapat sebuah gambar tangkapan layar artikel Detiknews. Artikel tersebut berjudul “jokowi resmikan bendrera indonesia terbaru”.

Setelah ditelusuri melalui website Detiknews dengan mengacu pada keterangan tanggal yaitu 24 Desember 2022 pukul 08.36 WIB ditemukan artikel asli berjudul “Jokowi Dinilai Akan Reshuffle Menteri dari NasDem Buntut Dukung Anies”. Terdapat kesamaan antara postingan Facebook dengan artikel asli yang terletak pada caption gambar artikel. Jika dilihat judul pada postingan Facebook dan artikel asli berbeda serta foto yang diedit.

Dengan demikian gambar tangkapan layar artikel Detiknews telah disunting pada bagian judul. Judul artikel yang asli adalah “Jokowi Dinilai Akan Reshuffle Menteri dari NasDem Buntut Dukung Anies” sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://news.detik.com/pemilu/d-6478490/jokowi-dinilai-akan-reshuffle-menteri-dari-nasdem-buntut-dukung-anies