[SALAH] MATA NAJWA SIARKAN TERAWAN AGUS PUTRANTO TERIMA PENGHARGAAN SOLUSI DIABETES

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya video tersebut adalah video editan dari potongan video Najwa Shihab yang digabung dengan gambar Terawan yang sedang memegang penghargaan.

====

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1672324127.977395/singlefile.html

[NARASI]:
PENDERITA DIABETES:drop_of_blood::chocolate_bar::syringe:
:exclamation:BACA LEBIH CEPAT:exclamation:
SOLUSI UNTUK MASALAH DIABETES TELAH DITEMUKAN DI INDONESIA 👇👇👇

DOKTER INDONESIA TERIMA PENGHARGAAN PENYELAMATAN JIWA
SOLISI UNTUK MASALAH DIABETES DI INDONESIA TELAH DITEMUKAN (Dalam video)

====

[PENJELASAN]
Akun facebook Improve favourite mengunggah video berdurasi 15 detik yang menampilkan presenter program Narasi TV Najwa Shihab beserta foto mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang sedang memegang sebuah penghargaan.

Dalam video tersebut terdapat narator yang mengatakan “Ini menakjubkan, dokter indonesia terima penghargaan penyelamatan jiwa. Solusi untuk masalah diabetes di Indonesia telah ditemukan. Pemilik apotek khawatir tentang pendapatan mereka. Orang dengan diabetes baca ini sekarang”.

Setelah dilakukan penelusuran, video tersebut adalah video editan dari potongan video Najwa Shihab yang digabung dengan gambar Terawan yang sedang memegang penghargaan Lifetime Achievement Award dari Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (Leprid).

Video potongan Najwa Shihab tersebut identik dengan video yang diupload pada akun youtube Najwa Shihab yang berjudul “EKSKLUSIF: Kesaksian Laskar FPI dalam Rombongan Rizieq Syihab (Part 1) | Mata Najwa” dan video tersebut sama sekali tidak membahas tentang solusi permasalahan diabetes di Indonesia apalagi terkait dokter Terawan Agus Putranto.

Berdasarkan penjelasan diatas klaim bahwa Mata Najwa siarkan Terawan Agus Putranto terima penghargaan solusi diabetes tidak terbukti dan termasuk dalam konten yang dimanipulasi.

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=nCePxEJvRUs&ab_channel=NajwaShihab

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2095/keliru-program-mata-najwa-siarkan-terawan-agus-putranto-terima-penghargaan-soal-diabetes

https://www.antaranews.com/berita/3327741/hoaks-mata-najwa-siarkan-penghargaan-solusi-diabetes-terawan

https://daerah.sindonews.com/artikel/jateng/7129/dokter-terawan-raih-lifetime-achievement-award-dari-leprid