[SALAH] Cara Mendeteksi Kehamilan Dengan Menggunakan Air Urine dan Garam

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Klaim tersebut salah, faktanya garam tidak bisa mendeteksi kehamilan dengan mencampurkannya pada air urine. Untuk mendeteksi awal kehamilan dilakukan dengan menggunakan alat Test Pack Strip. Selengkapnya di bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://web.archive.org/web/20221125055433/https://www.facebook.com/groups/699351537525808/posts/1071305926997032/

= = =

Narasi:

“Bagi yang bertanya, saya hanya ingin berbagi ilmu, hanya cinta dan perhatian Bagi yang memiliki garis kabur pada tes kehamilan atau belum siap menggunakan tes kehamilan, inilah yang bisa dilakukan. Urine pertama di pagi hari jangan minum apa pun seperti susu/air/dll sebelum melakukan tes urine. Di dalam gelas plastik masukkan minimal setengah dari urine, Urine pertama di pagi hari tambahkan 2 sendok makan asian (garam) sebelum diaduk agar tidak tumpah. Hasilnya positif bila garam larut dan urine berubah warna dan terdapat busa gelembung di bagian atas tepat 2 menit sebelum larut. Hasil negatif ketika garam tidak larut dan warna urine tidak berubah serta tidak ada buih gelembung di bagian atas. Coba saja”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi di Facebook dalam bahasa Filipina yang mengklaim bahwa cara mudah mendeteksi awal kehamilan selain menggunakan alat Test Pack Strip adalah dengan mencampurkan dua sendok air garam dengan urine di pagi hari. Dalam unggahan tersebut menyebut, jika garam larut, air urine berubah warna, dan terdapat busa gelembung dalam 2 menit maka hasil menunjukkan positif hamil.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, Dr. Maria Julieta Germar, dokter kandungan-ginekologi dari Rumah Sakit Umum Filipina di Manila menyebut tersebut tidak mendasar yang tidak ada bukti secara ilmiah dalam mendeteksi kehamilan tersebut. Melalui AFP Dr. Germar juga menjelaskan tes kehamilan di rumah sebenarnya dengan cara mendeteksi hormon yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urine.

Pendeteksian hormon tersebut tidak bisa dengan menggunakan garam yang dicampurkan dengan urine sehingga menimbulkan reaksi kimia seperti yang dijelaskan dalam unggahan hoax tersebut. Dilansir dari Alodokter.com, hormon human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urine bisa dideteksi dengan menggunakan Test Pack Strip.

Dengan demikian, cara mendeteksi kehamilan dengan menggunakan air urine dan garam merupakan hoax dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.32YW2K7

https://www.alodokter.com/tips-dan-cara-menggunakan-test-pack-untuk-hasil-lebih-akurat#:~:text=Test%20pack%20bekerja%20dengan%20cara,meningkat%20seiring%20bertambahnya%20usia%20kehamilan.

===

Editor: Bentang Febrylian