[SALAH] Alyssa Soebandono Meninggal Dunia

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell.

Klaim tersebut salah, faktanya hingga 25 Des 2022 Alyssa Soebandono melalui akun Instagramnya @ichasoebandono masih aktif membagikan aktivitas kesehariannya dan melakukan live Instagram yang membicarakan terkait hari ulang tahunnya. Selengkapnya di bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://perma.cc/Z4HQ-KZ26

= = =

Narasi:

“Innalilahi,t4ng1s p3ny3s4l4n dude Harlino p3c4h,saat j3n4z4h tiba di rumah duka Alyssa Soebandono

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi di Facebook yang mengklaim bahwa Alyssa Soebandono, istri dari Dude Herlino, meninggal dunia. Dalam unggahan tersebut juga menyematkan video yang menunjukkan sekumpulan foto-foto Alyssa Soebandono.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, Alyssa Soebandono belum meninggal, terlihat dari akun Instagramnya @ichasoebandono yang masih aktif membagikan aktivitas kesehariannya. Pada 25 Desember 2022 Ia melakukan live Instagram bersama suaminya yang juga diunggah dalam unggahan feedsnya yang membicarakan hari ulang tahunnya. Kemudian dilansir dari Kompas.com, narator dari isi video tersebut tidak menyebut bahwa Alyssa telah meninggal, melainkan hanya menyebut ayah dari Ustaz Oemar Mita, yang mana judul dengan isi video tersebut tidak berkaitan.

Dengan demikian, Alyssa Soebandono meninggal dunia merupakan hoax dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/12/17/100200082/-hoaks-artis-alyssa-soebandono-meninggal?page=all#page2

https://www.instagram.com/p/Cmlx146gjKV/

===

Editor: Bentang Febrylian