[SALAH] Sel Kanker menjauh bila didekatkan Bawang Putih

Hasil periksa fakta Riza Dwi (Anggota Tim Kalimasada)

Video itu merupakan Hoaks Lama Bersemi Kembali (HLBK). Ahli Molecular Pathology dari Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS), dr. Tonang Dwi Ardyanto, SpPK, PhD menjelaskan bahwa sel kanker akan mati jika diletakkan di piring, tidak bergerak-gerak seperti dalam video tersebut.

=====
KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====
NARASI:
Dalam Video
“ANEH DAN AJAIB potongan kanker jika di dekatkan dgn bawang putih dia menjauh, tapi jika didekatkan emas dia menyatu.”

Keterangan video
“Pembuktian bahwa sel kanker menjauh bila didekatkan dengan bawnag putih”

=====
SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1671965541.589664/singlefile.html

=====
PENJELASAN:
Beredar kembali video yang diklaim sebagai potongan kanker. Video tersebut sudah beredar sejak 2015 dengan klaim sama yaitu potongan kanker yang menjauh jika didekatkan bawang putih dan menyatu jika didekatkan emas.

Turnbackhoax.id pernah membahas hoaks tersebut dengan judul “[HOAX] “POTONGAN KANKER BERGERAK JAUHI BAWANG PUTIH”” pada 9 November 2017 dan artikel berjudul “[SALAH] Video Potongan Kanker Menjauhi Bawang Putih Mendekati Emas” pada 7 Oktober 2019. Kedua artikel tersebut menjelaskan bahwa video tersebut hoaks sejumlah dokter ahli penyakit dalam membantah kebenaran video tersebut.

Salah satu dokter yang membantahnya ialah Dr Sonar Soni Panegoro, SpB(K) Onk dari RS Kanker Dharmais. Ia menyatakan bahwa video tersebut adalah hoaks. Sebab, sel apa saja yang keluar dari tubuh akan mati kecuali dikultur atau dibiakkan dalam media tertentu.

Dilansir dari Tempo.co pada Rabu, 21 Desember 2022, ahli Molecular Pathology dari Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS), dr. Tonang Dwi Ardyanto, SpPK, PhD melalui pesan singkat menjelaskan bahwa Sel kanker akan mati jika diletakkan di piring, tidak bergerak-gerak seperti dalam video tersebut. Sel-sel kanker “dijaga hidup” apabila berada dalam media khusus.

Tonang menjelaskan bahwa dalam penelitian, bawang putih (garlic) memang dilaporkan mengandung beberapa zat yang membantu tubuh manusia melawan sel kanker. Tapi tidak berarti seolah-olah sel kanker didekati bawang putih menjauh seperti dalam video. “Ada proses yang kompleks,” tegasnya.

Benda yang diklaim sebagai sel kanker tersebut adalah ferrofluid. Ferrofluid adalah cairan yang tertarik ke kutub magnet. Ini adalah cairan koloid yang terbuat dari partikel feromagnetik atau ferrimagnetik skala nano yang tersuspensi dalam cairan pembawa (biasanya pelarut organik atau air).

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim sel kanker menjauh jika didekati bawang putih adalah salah dan termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

=====
REFERENSI:

https://cekfakta.tempo.co//cekfakta.tempo.co/fakta/2087/menyesatkan-video-sel-kanker-menjauh-saat-didekatkan-dengan-bawang-putih

https://en.wikipedia.org/wiki/Ferrofluid