[SALAH] Video Potongan Kanker Menjauhi Bawang Putih Mendekati Emas

Video itu merupakan Hoaks Lama Bersemi Kembali (HLBK). Sudah pernah dibantah oleh sejumlah dokter ahli penyakit dalam yang menyatakan bahwa video itu hoaks. Salah satu dokter yang membantahnya ialah Dr Sonar Soni Panegoro, SpB(K) Onk dari RS Kanker Dharmais. Ia menyatakan bahwa video tersebut adalah hoaks. Sebab, sel apa saja yang keluar dari tubuh akan mati kecuali dikultur atau dibiakkan dalam media tertentu.

=====

Kategori: Fabricated Content/Konten Palsu

=====

Sumber: Whatsapp

=====

Narasi:

inilah potongan kanker setelah dikeluarkan dari tubuh pasien. ternyata kanker itu makhluk hidup, didekatkan bawang putih dia menjauh, tapi dikasih emas dia malah mendekat. Pantas kalo di dalam tubuh dia beranak dan memakan darah dan daging…mari kita jaga kesehatan, itulah sebabnya mengapa Rosululloh SAW melarang kaum pria memakai emas,  karena partikel emas itu akan mengendap dalam darah, sedangkan bagi kaum wanita itu akan keluar bersama darah kotor ketika haid. SUBHANALLOH…,14 abad silam ternyata sudah diajarkan oleh Rosululloh, baru sekarang ter ungkap rahasianya. Semoga bermanfaat. Salaaam…

=====

Penjelasan:

Beredar video yang memperlihatkan gumpalan berwarna hitam yang menjauh ketika didekati oleh bawang putih namun mendekati cincin. Dalam narasinya disebutkan bahwa gumpalan tersebut sel kanker.

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa video itu merupakan isu Hoaks Lama Bersemi Kembali (HLBK). Sebab, isu tersebut sudah pernah dilakukan pemeriksaan fakta pada tahun 2017. Dari hasil pemeriksaan fakta dahulu, sejumlah dokter ahli penyakit dalam sudah membantah bahwa gumpalan hitam tersebut ialah sel kanker.

Dr Fielda Djuita SpRad(K) Onk Rad, menyebut hal tersebut sebagai hal yang tidak masuk akal. Pasalnya setiap kanker memiliki sifatnya tersendiri sehingga obat antara satu kanker dengan kanker yang lain tidak bisa sama.

“Misalnya kanker untuk payudara dengan prostat, itu saja sudah berbeda (obatnya),” jelasnya.

Dr Fielda juga mempertanyakan mengenai benda yang disebut-sebut sebagai potongan kanker dalam video tersebut.

“Itu jaringan apa kan kita enggak tahu, perlu diuji lebih lanjut. Tapi saya rasa tidak masuk akal, satu jenis kanker dengan kanker lainnya sudah beda-beda sifatnya. Kalau gitu, taruh saja bawang putih banyak-banyak di badan kita,” pungkasnya.

Senada dengan itu, Dr Sonar Soni Panegoro, SpB(K) Onk dari RS Kanker Dharmais juga memberikan pernyataan bahwa video tersebut adalah hoaks. Sebab, sel apa saja yang keluar dari tubuh akan mati kecuali dikultur atau dibiakkan dalam media tertentu.

“Dan kalau pun tumbuh akan terlihat 2-3 hari, jadi lambat sekali pergerakannya. Sehingga tidak mungkin bisa bergerak seperti itu. Kemudian sel kanker hidup itu warnanya putih kelabu kadang merah. Yang kehitaman kanker kulit melanoma,” paparnya.

Selain bantahan dari dokter tersebut, redaksi detik.com sudah pernah melakukan eksperimen terkait gumpalan hitam tersebut. Dari hasil eksperimen tersebut, ternyata gumpalan itu merupakan slime yang diberi warna hitam dan dimasukkan ferro atau besi ke dalamnya.

Berdasarkan hal tersebut, maka video yang tersebar melalui Whatsapp tersebut merupakan HLBK dengan kategori Fabricated Content atau Konten Palsu.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/994300994235769/

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3719603/heboh-video-potongan-kanker-menjauhi-bawang-putih-ini-kata-dokter

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3730047/eksperimen-mengupas-hoax-potongan-kanker-yang-menjauhi-bawang-putih