[SALAH] Habis Lahiran, Ibu Bayi Tidak Boleh Tidur Siang, Nanti Darah Putih Naik

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Faktanya, infomasi tersebut hoaks. Tidak ada kaitan antara tidur siang dan kenaikan sel darah putih. Setelah melahirkan justru dianjurkan untuk tidur yang cukup agar badan kembali pulih.

===========

[KATEGORI]

Konten yang menyesatkan

=========

[NARASI]

” Kalau habis lahiran tidak boleh tidur pagi/siang, nanti darah putih naik// Susah ternyata jadi ibu”

Sumber:  Tiktok
https://archive.cob.web.id/archive/1671771817.096477/singlefile.html

===========

[PENJELASAN]

Sebuah akun Tiktok mengunggah video tentang larangan tidur siang setelah proses persalinan. Video itu mengklaim jika ibu tidur siang setelah melahirkan akan menyebabkan darah putih naik. Infomasi tersebut adalah salah. Faktanya, tidak ada kaitan sel darah putih naik karena tidur siang setelah melahirkan. 

Dilansir dari halodoc.com, penyebab peningkatan sel darah putih bisa terjadi saat tubuh berusaha melawan infeksi, efek samping konsumsi obat tertentu, gangguan pada sistem kekebalan tubuh, hingga kemungkinan penyakit pada sumsum tulang.

Ibu yang baru saja menjalani proses persalinan, justru membutuhkan waktu istirahat dengan tidur yang cukup agar kondisi badan segera pulih. Pasalnya, kualitas tidur yang buruk pada ibu setelah melahirkan dapat meningkatkan risiko 3 kali lipat terjadinya depresi.

Dengan demikian informasi tentang larangan untuk tidur setelah persalinan karena dapat menyebabkan darah putih naik adalah hoaks. Infomasi ini termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

=========

[REFERENSI]

https://kumparan.com/kumparanmom/kenapa-setelah-melahirkan-tidak-boleh-tidur-1ueLSQBqfv3

https://www.alodokter.com/komunitas/topic/mitos-atau-fakta-tidur-siang-setelah-melahirkan-dapat-menyebabkan-darah

https://www.halodoc.com/artikel/kadar-leukosit-meningkat-mungkin-ini-penyebabnya