[SALAH] Supporter Marocco Bersholawat, Gemparkan Dunia Bola

Hasil periksa fakta Dyah Febriyani. Video suporter Maroko merayakan kemenangan timnya di Piala Dunia Qatar dengan berselawat adalah salah. Faktanya, audio dalam video tersebut telah diubah menggunakan audio selawat.

=====

[KATEGORI]

Konten yang dimanipulasi

======

[NARASI]

“Inilah kekuatan bersholawat, masa alloh merinding dunia bola”

Sumber : Tiktok
https://archive.cob.web.id/archive/1671371665.955128/singlefile.html

======

[PENJELASAN]

Sebuah akun Tiktok mengunggah video suporter Maroko tengah berselawat atas kemenangan timnya pada Piala Dunia Qatar. Pengungah menambahkan caption “gemparkan dunia supporter marocco bersholatwat.” Dalam video terdengar suara seolah-olah masa sedang berselawat bersama.

Setelah ditelusuri, ternyata video tersebut salah. Audio dalam video telah diubah. Suporter Maroko tidak pernah berselawat bersama saat merayakan kemenangan timnya. Audio dalam video itu merupakan unggahan asli dari akun Tiktok Tolle.07. Audio ini juga telah digunakan banyak pengguna Tiktok tidak hanya dalam video-video perayaan suporter Maroko.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, suporter maroko merayakan kemenangan tim sepakbolanya dengan berparade melalui jalan-jalan sambil memegang kembang api. Jalanan di Maroko padat oleh suporter yang turut memeriahkan parade kemenangan. Dari banyak video mengenai selebrasi suporter, tidak ditemukan video asli suporter Maroko berselawat.

Dengan demikian video suporter Maroko berselawat atas kemenangan timnya di Piala Dunia termasuk konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]

https://www.tiktok.com/@tolle.rhasiman07?_t=8YHWSn87qnh&_r=1

https://www.google.com/amp/s/www.mirror.co.uk/sport/football/news/morocco-fans-worldcup-celebrations-spain-28670923.amp

https://vt.tiktok.com/ZS8Y6wVcP/