[SALAH] “BUS PEMAIN TIMNAS BRASIL  DILEMPARI BATU SUPPORTERNYA SENDIRI”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang salah, video serupa pernah diunggah di  youtube 4 tahun yang lalu, faktanya Video itu menunjukkan aksi warga Brasil menyerang bus yang diyakini membawa Presiden Brasil saat itu, Lula da Silva, di negara bagian Paraná, Brasil selatan.

—–

[KATEGORI] KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER] TWITTER
https://archive.cob.web.id/archive/1671434283.0363/singlefile.html

=====

[NARASI] 
Sudah jatuh tertimpa tetangga 

Kesebelasan Brazil kalah tragis…pulang kampung bukannya disambut malah disambiti pemujanya…..

=====

[PENJELASAN]

Beredar video berdurasi 16 detik diunggah oleh akun bernama “@Midjan_La_2” di Twitter, video yang memperlihatkan warga sedang melempari sebuah bus berwarna hijau yang di klaim bus tersebut berisi timas Brasil yang pulang dari turnamen Piala Dunia 2022.

Setelah melakukan penelusuran, video serupa pernah diunggah di akun Youtube dengan nama “Canal Fagner Andrade” 4 tahun yang lalu, faktanya Video itu menunjukkan aksi warga Brasil menyerang bus dengan cara melemparinya menggunakan telur dan batu. Bus yang diyakini membawa Presiden Brasil saat itu, Lula da Silva, di negara bagian Paraná, Brasil selatan, bukan pemain timnas Brasil.

Dengan demikian, video yang beredar bukan bus rombongan timnas Brasil setelah pulang dari Piala Dunia 2022 di Qatar. Melainkan bus yang diyakini membawa Presiden Brasil saat itu, Lula da Silva, di negara bagian Paraná, Brasil selatan. Jadi klaim bahwa supporter melempari bus berisi timnas Brasil merupakan informasi yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/12/20/090507282/hoaks-bus-timnas-brasil-dilempari-telur-usai-piala-dunia-2022?page=all
https://www.antaranews.com/berita/3312010/hoaks-suporter-brasil-sambut-timnas-dengan-lemparan-ke-bus
https://youtu.be/UXLKNaLbVGk