[SALAH] “BUPATI LEBAK YANG MELARANG ORANG KRISTEN MERAYAKAN NATAL DI WILAYAHNYA”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang salah, faktanya Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya membantah kabar larangan ibadah Natal umat Kristen di Kecamatan Maja, Lebak, Banten. Warga Kristen diminta beribadah di kawasan Rangkasbitung karena di Kecamatan Maja belum ada gereja.

=====

[KATEGORI] KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER] TWITTER
https://archive.cob.web.id/archive/1671373483.091989/singlefile.html

=====

[NARASI] PAHAM YA GUYS. BUPATI LEBAK YANG MELARANG ORANG KRISTEN MERAYAKAN NATAL DI WILAYAHNYA

=====

[PENJELASAN]
Sebuah akun Twitter bernama “@tch0077” mengunggah foto dengan narasi Bupati Kabupaten Lebak yang melarang orang Kristen merayakan Natal di wilayahnya, unggahan yang mendapat 584 like dan 180 retweet sejak artikel ini ditulis dan mendapat berbagai macam komentar Netizen Indonesia.

Melansir dari ccnindonesia.com, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya membantah kabar larangan ibadah Natal umat Kristen di Kecamatan Maja, Lebak, Banten. Warga Kristen diminta beribadah di kawasan Rangkasbitung karena Maja belum ada gereja. 

Dia mengklaim bahwa Lebak merupakan rumah bagi semua golongan agama. Iti berharap masalah ini jangan sampai memecah belah bangsa. Toh ia mengaku juga akan menghadiri perayaan Natal bersama pada 27 Desember nanti.

Dengan demikian klaim dengan narasi Bupati kabupaten Lebak yang melarang orang Kristen merayakan Natal di wilayahnya, merupakan informasi yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20221218075208-20-888784/bantah-larang-ibadah-natal-di-maja-bupati-lebak-buka-suara