[SALAH] RONALDO SUMBANG 1,5 JUTA DOLAR UNTUK PALESTINA BUKA PUASA RAMADHAN HINGGA JUAL SEPATU EMAS.

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya Maarten Schenk dari situs pemeriksa fakta¬†Leadstories.com¬†mengklarifikasi informasi itu kepada firma agensi yang menangani Cristiano Ronaldo, dengan seorang sumber yang dekat memastikan bahwa “kabar tersebut palsu”.

====

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1671202692.094724/singlefile.html (Twitter)

https://web.archive.org/web/20221218034339/https://www.tvonenews.com/bola/87904-ronaldo-sumbang-15-juta-dolar-untuk-rakyat-palestina-buka-puasa-ramadhan-hingga-jual-sepatu-emas

[NARASI]: Ronaldo Sumbang 1,5 juta Dolar untuk Rakyat Palestina Buka Puasa Ramadhan hingga Jual Sepatu Emas

====

[PENJELASAN]:
Akun twiter @tvOneNews membagikan sebuah cuitan disertai dengan link berita yang mengklaim bahwa pesepak bola Cristiano Ronaldo sumbang 1,5 juta dolar untuk Palestina hingga menjual sepatu emasnya.

Mengutip liputan6.com, berdasarkan penelusuran Maarten Schenk dari situs pemeriksa fakta Leadstories.com, yang dikutip pada Jumat (21/6/2019), informasi tentang donasi yang diberikan Ronaldo kepada Palestina dipastikan palsu.

Schenk mengklarifikasi informasi itu kepada firma agensi yang menangani Cristiano Ronaldo, dengan seorang sumber yang dekat memastikan bahwa “kabar tersebut palsu”.

Dalam artikel factcheck.afp.com yang terbit pada 28 Mei 2019, Gestifute, perusahaan manajemen pemain sepak bola yang menaungi Cristiano Ronaldo mengatakan “Itu keliru, sama seperti cerita lain yang dipublikasikan tentang Cristiano Ronaldo”.

Dilansir Associated Press melalui artikelnya pada 25 Mei 2019, juru bicara Gestifute menyatakan bahwa klaim Cristiano Ronaldo menyumbangkan uangnya untuk Palestina saat Ramadhan merupakan klaim yang keliru “Dia mengatakan bahwa Cristiano Ronaldo sering menjadi subyek laporan palsu yang serupa”.

Berdasarkan penelusuran klaim bahwa Cristiano Ronaldo sumbang 1,5 juta dolar untuk Palestina hingga menjual sepatu emasnya tidak terbukti dan termasuk dalam konten yang menyesatkan.

Referensi:
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4118904/cek-fakta-hoaks-cristiano-ronaldo-sumbang-rp-217-miliar-untuk-palestina

https://leadstories.com/hoax-alert/2019/05/fake-news-ronaldo-surprised-with-his-gesture-donates-15-million-to-feed-palestinians-for-iftar.html

https://factcheck.afp.com/no-ronaldo-did-not-donate-15-million-palestinians-gaza-ramadan

https://apnews.com/article/fact-checking-5223040944