[SALAH] Air Kelapa Dapat Mempengaruhi Jenis Kelamin Dalam Janin

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Klaim tersebut salah, faktanya tidak ada bukti ilmiah yang menjelaskan bahwa air kelapa dapat berpengaruh pada jenis kelamin dalam janin ibu yang sedang hamil yang dapat menyebabkan kelainan pada bentuk kelamin. Selengkapnya di bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://archive.cob.web.id/archive/1671502920.106042/singlefile.html

= = =

Narasi:

“Dokter memperingatkan calon ibu Sebaiknya pantang atau encerkan air kelapa ‘selama masa kehamilan’ Anak laki-laki itu membuat penisnya kecil.. Gadis-gadis muda membuat Jimi besar… karena air kelapa menyebabkan terlalu banyak hormon wanita”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah informasi melalui Facebook dalam bahasa Thailand yang menyatakan bahwa ibu yang sedang hamil untuk pantang mengonsumsi air kelapa atau produk lainnya yang dihasilkan dari kelapa karena diklaim dapat mempengaruhi pada jenis kelamin dalam janin yang dikandung. Hal tersebut disebabkan oleh terlalu banyaknya hormon wanita dalam air kelapa.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, tidak ada bukti ilmiah yang membenarkan bahwa air kelapa dapat berdampak negatif jika dikonsumsi ibu hamil selama masa kehamilan, hal tersebut diungkapkan oleh seorang ahli dari British Nutrition Foundation, Annette Creedon, melalui AFP. Selain itu dokter spesialis Ibu dan Janin dari Rumah Sakit Samitivej Thailand, Chantarat Suratanakavikul, menyatakan bahwa wanita hamil aman mengonsumsi air kelapa secukupnya, tidak ada pantangan terhadap hal tersebut.

Dilansir dari artikel yang telah ditinjau oleh dr. Carla Pramudita Susanto dan diterbitkan oleh hellosehat.com menyatakan bahwa tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi air kelapa. Justru ibu hamil disarankan untuk mengonsumsinya karena dapat menjadi sumber serat, mangan, dan riboflavin (vitamin B2) yang baik dan bisa bermanfaat untuk ibu hamil, namun tetap tidak berlebihan yang dapat membuat perut kembung dan kekenyangan sehingga perut terasa tidak nyaman dan sering kali membuat ibu hamil tidak ingin mengonsumsi makanan lainnya.

Dengan demikian, air kelapa dapat mempengaruhi jenis kelamin dalam janin merupakan hoax dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.32RR2ZT

https://hellosehat.com/kehamilan/kandungan/prenatal/bahaya-minum-air-kelapa-saat-hamil-muda/

===

Editor: Bentang Febrylian