[SALAH] Gambar Tangkapan Layar Artikel “Luhut Menjelang tahun baru harga bahan pokok naik kalau tak dinaikan bangkrut negara”

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Gambar tersebut telah disunting pada bagian judul. Faktanya, diketahui bahwa tangkapan layar tersebut berasal dari artikel milik DEMOCRAZY News berjudul “Luhut Dorong Pengembangan Pendidikan ‘Bahasa Mandarin’ di Kawasan Industri Kaltara”.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1670971296.165075/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“Luhut Menjelang tahun baru harga bahan pokok naik kalau tak dinaikan bangkrut negara”
Caption
“Begini klo rezim g mampu urus negara,, yg di tekan rakyat nya,, bukan perbaiki segala bidang usah milik negara,, buat apa ada BUMN,,”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Om Joy (https://web.facebook.com/profile.php?id=100056101973867) pada 6 Desember 2022 pukul 00.04 memposting sebuah gambar tangkapan layar artikel DEMOCRAZY News. Artikel tersebut berjudul “Luhut Menjelang tahun baru harga bahan pokok naik kalau tak dinaikan bangkrut negara”.

Setelah ditelusuri melalui website DEMOCRAZY News dengan mengacu pada keterangan tanggal yaitu 04 Desember 2022 ditemukan artikel asli berjudul “Luhut Dorong Pengembangan Pendidikan ‘Bahasa Mandarin’ di Kawasan Industri Kaltara”. Terdapat kesamaan antara postingan Facebook dengan artikel asli yang terletak di gambar artikel. Jika dilihat judul pada postingan Facebook dan artikel asli berbeda.

Dengan demikian gambar tangkapan layar artikel DEMOCRAZY News telah disunting pada bagian judul. Judul artikel yang asli adalah “Luhut Dorong Pengembangan Pendidikan ‘Bahasa Mandarin’ di Kawasan Industri Kaltara” sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://www.democrazy.id/2022/12/luhut-dorong-pengembangan-vokasi-bahasa-mandarin-di-kawasan-industri-kaltara.html

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian