[SALAH] Gambar Tangkapan Layar Artikel “Ma’ruf amin Himbau warga miskin terpencil banyak sedekah biar tak ngundang bencana”

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Gambar tersebut telah disunting pada bagian judul. Faktanya, diketahui bahwa tangkapan layar tersebut berasal dari artikel milik Sindonews.com berjudul “Percepat Pembangunan Papua Selatan, Wapres Minta Mendagri Petakan Sejumlah Isu”.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1670457693.981911/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“Ma’ruf amin Himbau warga miskin terpencil banyak sedekah biar tak ngundang bencana”

= = = = =
PENJELASAN:
Akun Facebook Emce Panurba (https://web.facebook.com/profile.php?id=100071967646245) memposting sebuah gambar tangkapan layar artikel. Artikel tersebut berjudul “Ma’ruf amin Himbau warga miskin terpencil banyak sedekah biar tak ngundang bencana”.

Setelah ditelusuri dengan mengacu pada keterangan tanggal yaitu 30 November 2022 pukul 16.57 WIB dan menuliskan nama Bachtiar Rojab ditemukan artikel asli berjudul “Percepat Pembangunan Papua Selatan, Wapres Minta Mendagri Petakan Sejumlah Isu” pada webiste Sindonews.com. Terdapat kesamaan antara postingan Facebook dengan artikel asli yang terletak di gambar. Jika dilihat judul pada postingan Facebook dan artikel asli berbeda.

Dengan demikian gambar tangkapan layar artikel tersebut telah disunting pada bagian judul. Judul artikel yang asli adalah “Percepat Pembangunan Papua Selatan, Wapres Minta Mendagri Petakan Sejumlah Isu” milik Sindonews.com, sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://nasional.sindonews.com/read/956177/12/percepat-pembangunan-papua-selatan-wapres-minta-mendagri-petakan-sejumlah-isu-1669799506

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian