[SALAH] PERAYAAN KEMENANGAN MAROKO

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya video yang ditampilkan adalah video unggahan dari channel youtube Epic Movie Team yang berjudul “Arab Wedding Celebration with Guns” yang diunggah pada 23 September 2012.

====

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1670857973.924853/singlefile.html

[NARASI]: perayaan kemenangan maroko :flag-ma:

====

[PENJELASAN]
Akun twitter bernama @gusbaster87 membagikan cuitan disertai lampiran video yang menampilkan sejumlah pria bergamis putih menembakkan peluru ke atas dan bersorak-sorak dengan narasi yang menyatakan bahawa video tersebut adalah video perayaan kemenangan Maroko pada Piala Dunia 2022.

Setelah ditelusuri, video tersebut adalah potongan video yang identik dengan video dari channel youtube Epic Movie Team dengan judul “Arab Wedding Celebration with Guns” yang diunggah pada tanggal 23 September 2012.

Dalam video unggahan channel youtube tersebut juga menambahkan keterangan sebagai berikut “Tembakan perayaan di pesta pernikahan di Arab Saudi.
CATATAN: Adalah umum bagi banyak orang Arab untuk menembakkan senjata mereka pada pernikahan, ini adalah bentuk perayaan”.

Berdasarkan penelusuran, klaim bahwa video tersebut adalah video perayaan kemenangan Maroko pada Piala Dunia 2022 tidak terbukti dan termasuk konten yang menyesakan.

Referensi:
https://www.youtube.com/watch?v=IJEO3rmefmI&ab_channel=EpicMovieTeam

https://ivoox.id/video-perayaan-dengan-senjata-atas-kemenangan-tim-maroko-adalah-hoax