[SALAH] Video Kandungan Minyak pada Satu Kilogram Ayam Goreng

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari (Anggota Tim Kalimasada).

Video tersebut adalah informasi yang salah. Dalam video tersebut ditampilkan ayam goreng lebih dari satu kilogram dan cairan yang dihasilkan bukan sepenuhnya minyak, melainkan kandungan air.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1668590127.12077/output.pdf (TikTok)

=====

[NARASI]: Oil in 1 KG Fried Chicken (Kandungan Minyak pada Satu Kilogram Ayam Goreng)

=====

[PENJELASAN]:

Sebuah video menampilkan tumpukan ayam goreng yang diperas menggunakan alat press dengan narasi bahwa cairan yang dikeluarkan merupakan minyak yang terkandung dalam satu kilogram ayam goreng.

Setelah dilakukan penelusuran, video tersebut adalah informasi yang salah. Hal tersebut dikonfirmasi dari video yang dibagikan oleh Yulia Baltschun, seorang praktisi diet dan olahraga Indonesia. Dalam videonya, dijelaskan bahwa tumpukan ayam yang diperas berjumlah lebih dari satu kilogram. Yulia mengatakan, satu ekor ayam beratnya hanya sekitar satu sampai empat kilogram, tergantung jenis dan ras ayamnya.

Yulia menambahkan, cairan yang dikeluarkan pada proses pemerasan tersebut bukan 100% minyak. Hal tersebut mengacu pada hasil penelitian Food Safety and Inspection Service US Department of Agriculture yang menyebutkan bahwa kandungan air pada ayam masak adalah 61%. Sehingga cairan pada demonstrasi video tersebut adalah sebagian besar air dan sedikit minyak.

Pada dasarnya, penyerapan minyak ini mengikuti moisture loss pada makanan. Seperti yang diketahui, fried chicken adalah ayam goreng yang dibalur tepung. Dengan adanya baluran tepung ini membuat ayam yang dimasak masih cukup juicy dan tidak kering.

=====

[REFERENSI]: