[SALAH] “Penghina Ibu Negara Ditangkap”

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Berita penangkapan penghina Ibu Negara Iriana tahun 2017. Faktanya, pelaku penghinaan Iriana yang terjadi pada tahun 2022 masih belum ditangkap oleh pihak kepolisian.
Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.cob.web.id/archive/1668822722.546139/singlefile.html

= = = = =

NARASI:

“MAMPUSS AKHIR NYA MSUK PRODEO JANGAN DI LEPAS”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Twitter dengan nama pengguna “SALLY07195073” mengunggah sebuah foto hasil tangkapan layar yang menunjukkan judul berita bahwa penghina Ibu Negara Iriana telah ditangkap. Dalam foto juga terdapat narasi yang menyatakan bahwa penangkapan tersebut dilakukan setelah kedua putra Presiden Jokowi bereaksi terhadap kasus tersebut.

Berdasarkan hasil penelusuran, berita tersebut merupakan berita penangkapan penghina Iriana pada tahun 2017. Dalam kasus tersebut, Gibran dan Kaesang selaku kedua putra Jokowi juga telah menyatakan bahwa mereka memaafkan pelaku.

Reaksi Gibran dan Kaesang yang menyampaikan ketidaksukaannya terjadi setelah kasus penghinaan yang dilakukan pada 17 November 2022 lalu. Lebih lanjut, pihak kepolisian masih belum menangkap pelaku penghinaan tersebut.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “SALLY07195073” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.youtube.com/watch?v=k4EM4qSaMiE

https://megapolitan.antaranews.com/berita/220833/polri-kantongi-identitas-terduga-penghina-ibu-negara-iriana-jokowi

Penulis: Khairunnisa A.
Editor: Bentang Febrylian