[SALAH] “Presiden Jokowi Memberikan Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional Kepada Alm Jenderal TNI Soeharto”

BUKAN kepada Presiden kedua Indonesia, Jenderal TNI Soeharto, melainkan kepada dr Soeharto, yang merupakan dokter pribadi Presiden Sukarno karena dinilai telah berjuang bersama Presiden Soekarno dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook Mada Ppm Dki Resimen IX (fb.com/madappmdki.resimenix) pada 4 November 2022 mengunggah dua gambar dengan narasi sebagai berikut:

“Terimakasih Kepada Presiden RI Joko Widodo, Atas Nama Bangsa Dan Negara Memberikan Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional Kepeda Alm Jenderal TNI Soeharto Presiden RI Ke – 2. Semoga Pak Soeharto Ditempatkan Disisi Yg Mulia Oleh Tuhan Yg Maha Kuasa Atas Jasa2 nya Kepada Bangsa Dan Negara.”

Gambar pertama adalah gambar Presiden RI kedua, HM. Soeharto dan gambar kedua adalah gambar tangkapan layar pesan Whatsapp dengan narasi “Presiden Jokowi Tetapkan 5 Tokoh Dapat Gelar Pahlawan Nasional, Ini Daftar Namanya”, “Termasuk SUHARTO”, serta link artikel yang dimuat di nkripost[dot]com.

Sumber: https://archive.ph/8UIG3 (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya klaim bahwa Presiden Joko Widodo menetapkan Presiden kedua Indonesia, Jenderal Soeharto untuk mendapatkan gelar pahlawan nasional merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, bukan kepada Presiden kedua Indonesia, Jenderal TNI Soeharto, melainkan kepada dr Soeharto, yang merupakan dokter pribadi Presiden Sukarno karena dinilai telah berjuang bersama Presiden Soekarno dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Dilansir dari artikel berjudul “Presiden Jokowi Tetapkan 5 Tokoh Dapat Gelar Pahlawan Nasional, Ini Daftar Namanya” yang dimuat di situs nkripost[dot]com yang disertakan di sumber klaim, Presiden Jokowi memberikan gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh di Indonesia. Ada Soeharto hingga Raden Rubini.

Dilansir dari Detikcom, tahun ini nama dr Soeharto dari Jawa Tengah masuk dalam daftar lima tokoh yang diberi gelar Pahlawan Nasional oleh pemerintah. Dr dr HR Soeharto atau Dokter Soeharto dikenal sebagai dokter pribadi Bung Karno sejak masa sebelum kemerdekaan.

dr Soeharto memiliki nama lengkap Soeharto Sastrosoeyoso. Ia lahir pada 24 Desember 1908 di Tegalgondo, Solo, Jawa Tengah. Sebelumnya, dr Soeharto juga pernah menjabat Menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian, dan Kepala Bappenas di Kabinet Soekarno.

Nama dr Soeharto tercatat sebagai salah satu pendiri bank pertama di Indonesia, Bank Negara Indonesia (BNI), sekaligus turut andil dalam pembangunan kawasan Sarinah Thamrin Jakarta, dan Hotel Indonesia.

Pada 1950, dr Soeharto tercatat menjadi salah satu penggagas berdirinya Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Ia juga pelopor yang menginisiasi program Keluarga Berencana (KB) di Indonesia. Selanjutnya, dr Soeharto didapuk menjadi ketua pertama Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI). dr Soeharto wafat pada tahun 2000.

Alasan pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh yang dipilih berdasarkan usulan masyarakat yang dinilai telah ikut berjasa dalam perjuangan mendirikan NKRI. Hal itu disampaikan Menko Polhukam Mahfud Md selaku Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/11). Mahfud menjelaskan kelima tokoh itu telah melalui sejumlah proses seleksi.

Adapun alasan dr Soeharto dianugerahi gelar Pahlawan Nasional adalah karena almarhum DR dr HR Soeharto

dinilai telah berjuang bersama Presiden Soekarno dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. Bahkan setelah kemerdekaan, almarhum DR dr HR Soeharto ikut serta dalam pembangunan sejumlah infrastruktur di Tanah Air.

REFERENSI
https://archive.ph/fPkig (Arsip artikel dari nkripost[dot]com)
https://news.detik.com/berita/d-6385633/profil-dr-soeharto-dokter-pribadi-sukarno-yang-jadi-pahlawan-nasional-2022

About Adi 1395 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo