[SALAH] “Sejumlah orang tertembak di stasiun bawah tanah New York Amerika Serikat”

Klaim yang menyesatkan atas kejadian yang sebenarnya, FAKTA: video yang dibagikan adalah latihan anti teror di bandara Cologne Bonn oleh polisi Jerman pada tahun 2018.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konteks yang Salah.

SUMBER: Twitter, https://archive.ph/s8Nhi (arsip cadangan).

NARASI: “Semakin waspada dihari yg semakin jahat. Manusia bertingkah sprti binatang, alam yg sdh tdk ramah lg dg kita.
Berlari kpd Tuhan,perlindungan kita.
Sejumlah org ditmukn trtembak saat kedatangan kreta di stasiun bwah tanah 36th Street n 4th Avenue, Brooklyn, NY, AS..”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konteks yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1]

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Aribowo Sasmito (@aribowosasmito)

SUMBER membagikan video dengan konteks informasi TIDAK sesuai dengan fakta, yang menyebabkan kesimpulan SALAH. FAKTA: video yang dibagikan adalah latihan anti-teror di bandara Cologne Bonn oleh polisi Jerman pada tahun 2018.

Verifikasi Video

Salah satu video dengan konteks yang benar, Einsatzfahrten und so di YouTube pada 21 Nov 2018: “Die Bundespolizei, die Polizei Köln, das Hauptzollamt Köln und der Flughafen Köln/Bonn trainierten in der Nacht vom 20.11. auf den 21.11.2018 … ” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

The Associated Press pada 21 Nov 2018: “BERLIN (AP) — German police have conducted a large-scale anti-terror drill at Cologne-Bonn airport, in the west of the country, amid ongoing concerns about the threat posed by Islamic extremists. …” [3]

JATOSINT di Twitter [4]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.md/nb52W (arsip cadangan dengan bahasa asli, English).

[2] youtube.com: “Exklusiv: Spezialeinheiten im Einsatz bei Anti-Terror-Übung im Flughafen Köln/Bonn 21.11.18 + O-Ton”, https://bit.ly/3SKpvUh / https://archive.ph/TqdYF (arsip cadangan).

[3] apnews.com: “German police conduct anti-terror drill at Cologne airport”, https://bit.ly/3NrbytC / https://archive.ph/nFpiM (arsip cadangan).

[4] twitter.com, https://bit.ly/3sJugTO / https://archive.ph/K9SKy (arsip cadangan).