[SALAH] Cacar Monyet Hanya Ditularkan Melalui Hubungan Seksual Sesama Laki-Laki

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Klaim tersebut salah, faktanya monkeypox atau cacar monyet bukanlah infeksi menular seksual (IMS). Cacar monyet dapat ditularkan melalui kontak dekat dengan yang terinfeksi, melalui benda-benda yang terkontaminasi, dan bisa melalui droplet. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Instagram

https://perma.cc/TFS5-L6MG

= = =

Narasi:

“Just to make sure I’m not crazy: The media and the CDC hyped up Monkeypox as the next public health catastrophe, Biden’s HHS declared it a public health emergency, then they figured out it was only transmitted via gay sex between men, then kids and dogs started catching it, and then it just completely disappeared. Right?”

Terjemahan:

“Hanya untuk memastikan saya tidak gila: Media dan CDC menghebohkan Monkeypox sebagai bencana kesehatan masyarakat berikutnya, HHS Biden menyatakannya sebagai darurat kesehatan masyarakat, kemudian mereka tahu itu hanya ditularkan melalui seks gay antara laki-laki, lalu anak-anak dan anjing-anjing mulai menangkapnya, lalu menghilang begitu saja. Benar?”

= = =

Penjelasan:

Beredar unggahan di Instagram yang membagikan hoaks lama dengan klaim bahwa monkeypox atau penyakit cacar monyet hanya bisa tertular melalui hubungan seksual sesama laki-laki.

Setelah ditelusuri, informasi tersebut salah. Faktanya, penyakit cacar monyet dapat ditularkan kepada siapa pun yang memiliki kontak erat dengan orang yang terinfeksi, benda-benda yang terkontaminasi, dan droplet. Dilansir dari laman resmi WHO, virus cacar monyet dapat masuk dan menginfeksi tubuh manusia melalui kulit yang rusak, saluran pernapasan seperti hidung dan mulut, atau melalui mata. Selain itu, dilansir dari Reuters.com penyakit cacar monyet tidak termasuk dalam penyakit infeksi menular seksual (IMS), sehingga tidak hanya menginfeksi melalui hubungan seksual sesama laki-laki.

Dengan demikian, cacar monyet hanya bisa ditularkan melalui hubungan seksual sesama laki-laki merupakan hoax dengan kategori Konten yang Menyesatkan

= = =

Referensi:

https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/monkeypox

https://www.reuters.com/article/factcheck-monkeypox-meme/fact-check-falsehoods-about-how-monkeypox-is-transmitted-resurface-online-idUSL1N31M17S

https://turnbackhoax.id/2022/06/15/salah-waspada-seluruh-pasien-cacar-monyet-di-spanyol-adalah-penyuka-sesama-jenis-alias-homo/

Editor: Bentang Febrylian