[SALAH] “Waspada! Seluruh Pasien Cacar Monyet di Spanyol adalah Penyuka Sesama Jenis alias Homo”

Hasil periksa fakta Fathia IS.

Klaim tersebut salah. Faktanya, dilansir dari Jordan Times, Otoritas kesehatan Spanyol tidak merilis informasi apa pun tentang orientasi seksual pasien cacar monyet atau kasus yang dicurigai.

Selengkapnya di bagian penjelasan dan referensi.

= = =
Kategori: Konteks yang Salah

= = =
Sumber: Media Online

https://archive.ph/rXHeI

= = =
Narasi:
“Waspada! Seluruh Pasien Cacar Monyet di Spanyol adalah Penyuka Sesama Jenis alias Homo”

= = =
Penjelasan:
Beredar sebuah artikel berita yang mengklaim bahwa di Spanyol seluruh pasien cacar monyet adalah penyuka sesama jenis, lebih spesifik dalam artikel tersebut merupakan kaum gay atau homo.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, dilansir dari Jordan Times, otoritas kesehatan Spanyol tidak merilis informasi apa pun tentang orientasi seksual pasien cacar monyet atau kasus yang dicurigai.

Pihak berwenang Spanyol pada Mei 2022 telah mendeteksi delapan kasus dugaan penyakit mirip cacar yang “masih harus dikonfirmasi” dengan analisis, kata kementerian kesehatan.

Penularan biasanya melalui kontak dekat dengan hewan yang terinfeksi seperti tikus dan monyet, dan terbatas antar manusia. Ini hanya berakibat fatal dalam kasus yang jarang terjadi. Gejala cacar monyet pada manusia termasuk lesi, demam, nyeri otot dan kedinginan. Kebanyakan orang sembuh dari penyakit dalam beberapa minggu.

Dengan demikian klaim seluruh pasien cacar monyet di Spanyol adalah penyuka sesama jenis merupakan informasi yang keliru dan termasuk dalam kategori konteks yang salah.

= = =
Referensi:

https://www.jordantimes.com/news/world/spain-portugal-detect-suspected-monkeypox-cases

https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/monkeypox

https://www.bbc.com/news/health-45665821

https://www.gov.uk/guidance/monkeypox

= = =
Editor: Deddy Helsyanto