[SALAH] “Ahmad Dhani: Saya Akan Potong Kemaluan Jika Jokowi Menang”

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Klaim tersebut salah, faktanya Ahmad Dhani telah membantah klaim tersebut dan tidak ada informasi yang valid terkait kebenaran Ahmad Dhani pernah menyatakan akan memotong kemaluan jika Jokowi menang dalam Pilpres. Ini adalah hoaks lama yang beredar kembali.

= = =

Kategori: Konten Palsu

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.md/lH2wV

= = =

Narasi:

“Oposisi Indonesia tidak berkualitas, semuanya tukang tipu selain mesum dan tukang maki maki”

“Ahmad Dhani: Saya akan potong kemaluan jika Jokowi menang”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah gambar di Twitter seperti tangkapan layar yang mengklaim bahwa Ahmad Dhani menyatakan akan memotong kemaluan jika Jokowi menang, cuitan tersebut beredar pada awal Oktober 2022.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, Ahmad Dhani membantah telah mengeluarkan pernyataan tersebut. Klaim tersebut pertama kali beredar pada masa pemilihan presiden 2014 melalui akun Twitter palsu yang seolah-olah adalah Ahmad Dhani. Kabar palsu ini merupakan hoaks lama yang beredar kembali.

Dengan demikian, informasi Ahmad Dhani akan potong kemaluan jika Jokowi menang merupakan hoaks dengan kategori Konten Palsu.

= = =

Referensi:

https://www.medcom.id/hiburan/selebritas/Gbm43L9N-ahmad-dhani-tetap-ditagih-netizen-nazar-potong-kemaluan

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/ObzZxy7b-cek-fakta-ahmad-dhani-janji-potong-kemaluan-jika-jokowi-terpilih-di-pilpres-2019-ini-faktanya

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/aNrx77Wk-cek-fakta-benarkah-ahmad-dhani-akan-potong-kemaluan-jika-jokowi-menang-ini-faktanya

https://www.liputan6.com/showbiz/read/2082972/ahmad-dhani-vs-17-media-berhasil-ditengahi-dewan-pers

https://www.solopos.com/ahmad-dhani-vs-17-media-berakhir-di-dewan-pers-ini-hak-jawab-dan-hasil-pertemuan-521823