[SALAH] Video “Atas Permintaan Kapolri Akhirnya Ferdian Gantikan Uya Kuya Giliran Ferdy Sambo Dihipnotis”

Selain memuat gambar editan, video ini juga memuat informasi palsu terkait klaim Kapolri meminta Ferdian menghipnotis Ferdy Sambo.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Dimanipulasi
===========================================

Akun Facebook Galeri Boss (fb.com/Galeri-Boss-108573518256841) pada 11 September 2022 mengunggah sebuah video yang menampilkan gambar seseorang dengan wajah Ferdy Sambo sedang memegang pundak Ferdian, seorang hypnotherapist dengan narasi sebagai berikut:

“Atas Permintaan Kapolri Akhirnya Ferdian Gantikan Uya Kuya Giliran Ferdy Sambo Dihipnotis”

Sumber: perma.cc/B9QN-PRN4 (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang menampilkan gambar seseorang dengan wajah Ferdy Sambo sedang memegang pundak Ferdian, seorang hypnotherapist yang diklaim bahwa Kapolri meminta Ferdian menggantikan Uya Kuya untuk menghipnotis Ferdy Sambo merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, selain memuat gambar editan, video ini juga memuat informasi palsu terkait klaim Kapolri meminta Ferdian menghipnotis Ferdy Sambo.

Gambar tersebut disunting dengan mengganti wajah Bripka Ambarita yang saat itu berfoto bersama Ferdian. Foto yang asli diunggah oleh Ferdian di akun Instagramnya pada 9 Februari 2020.

Selain itu, klaim bahwa Kapolri meminta Ferdian menggantikan Uya Kuya untuk menghipnotis Ferdy Sambo juga merupakan klaim yang salah, karena permintaan agar Uya Kuya menghipnotis Ferdy Sambo datang dari mantan Kabareskrim, Komjen (Purn) Ito Sumardi Djunisanyoto yang meminta Kapolri agar para tersangka pembunuh Brigadir j di hipnoterapi oleh Uya Kuya.

REFERENSI
https://www.instagram.com/p/B8Vmgkep7dL/
https://seputartangsel.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-145461797/mantan-kabareskrim-ini-sempat-minta-kapolri-panggil-uya-kuya-untuk-hipnotis-ferdy-sambo-cs-paling-tidak

About Adi 1378 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo