[SALAH] “Ratu Elizabeth pernah memesan 80 kaos Cristiano Ronaldo untuk Royal Court”

Tidak ada laporan dan pemberitaan yang membuktikan Ratu Elizabeth II telah memesan kaus tersebut. Akun Twitter terverifikasi Sport Innovation Society yang pertama kali memposting tweet tersebut pada 1 September 2021, telah menghapus tweet-nya diikuti permintaan maaf dan pernyataan bahwa tidak bisa mengonfirmasi kebenarannya baik dari Ratu Elizabeth maupun Cristiano Ronaldo.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten Palsu
===========================================

Akun Instagram Otakkanann (instagram.com/otakkanann) pada 12 September 2022 mengunggah sebuah gambar yang memperlihatkan foto Ratu Elizabeth II dan pemain sepakbola Manchester United, Cristiano Ronaldo yang terdapat narasi sebagai berikut:

“Ratu Elizabeth pernah memesan 80 kaos Cristiano Ronaldo untuk Royal Court dan secara pribadi telah meminta Manchester United Untuk Memesan Jersey Pertama Yang Ditandatangani Oleh Cristiano Ronaldo. Dengan Permintaan Ini, Cristiano Ronaldo Menjadi Satu-satunya Manusia Yang Dimintai Tanda Tangannya oleh Ratu Elizabeth.”

Sumber: perma.cc/RQ8Y-ACRS (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa Ratu Elizabeth pernah memesan 80 kaos Cristiano Ronaldo merupakan klaim palsu.

Faktanya, tidak ada laporan dan pemberitaan yang membuktikan Ratu Elizabeth II telah memesan kaus tersebut. Akun Twitter terverifikasi Sport Innovation Society yang pertama kali memposting tweet tersebut pada 1 September 2021, telah menghapus tweet-nya diikuti permintaan maaf dan pernyataan bahwa tidak bisa mengonfirmasi kebenarannya baik dari Ratu Elizabeth maupun Cristiano Ronaldo.

Dilansir dari Tempo dan Kompas, akun Twitter terverifikasi, Sport Innovation Society, mem-posting cuitan tersebut pada 1 September 2021, beberapa saat setelah Manchester United menampilkan foto-foto terbaru Cristiano Ronaldo dengan jersey tim United.

Pada 2 September 2021, ketika akun terverifikasi lainnya The United Stand meretweet pernyataan tersebut, Sport Innovation Society, buru-buru membuat klarifikasi. Sport Innovation Society telah menghapus tweet yang mengklaim bahwa Ratu Elizabeth telah meminta 80 jersey Manchester United yang memakai nama Cristiano Ronaldo.

“We could not confirm the veracity of the note from the Queen and CR7 so we decided to delete the tweet. Apologies” tulis akun Sport Innovation Society.

REFERENSI
https://twitter.com/sis/status/1433152457950076931
https://cekfakta.tempo.co/fakta/1930/keliru-ratu-elizabeth-ii-pesan-80-jersey-cristiano-ronaldo
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/09/12/161350882/hoaks-ratu-elizabeth-ii-memesan-80-kaus-bertanda-tangan-cristiano

About Adi 1378 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo