[SALAH] Indomaret Membagikan Uang Tunai 13 Juta dalam Rangka HUT RI ke-77

Hasil periksa fakta Ari Dwi Prasetyo.

Hal tersebut tidak benar. Faktanya, pihak Indomaret telah mengklarifikasi melalui postingan Instagramnya bahwa informasi resmi hanya dikeluarkan melalui situs resmi Indomaret yaitu www.Indomaret.co.id dan media sosial Indomaret yang sudah terverifikasi.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten Palsu

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1660972365.835948/singlefile.html
= = = = =

NARASI:
“Halo Semuanya Saya Anthoni Salim CEO Indomaret, Untuk Memeriahkan Hari Kemerdekaan kami masih mencari seseorang untuk menjadi pemenang hadiah Sebesar Rp.13 jt, Hadiah akan diberikan kepada seseorang yang berhasil menulis ‘MERDEKA BERSAMA INDOMARET” Sebelum tanggal 30 Agustus, Kami akan melakukan pengiriman ke rumah untuk yang dipilih!”
= = = = =

PENJELASAN:
Sebuah akun bernama Indomart Fans pada 14 Agustus 2022 memposting sebuah narasi bahwa dalam rangka HUT kemerdekaan RI yang ke-77, Indomaret akan meberikan uang tunai sebesar Rp. 13.000.000 rupiah dengan cara mengetik “MERDEKA BERSAMA INDOMARET” sebelum tanggal 30 Agustus 2022. Postingan tersebut juga menyertakan gambar suasana pemotongan pita dengan lokasi Indomaret.
Setelah ditelusuri, narasi pada postingan akun Facebook Indomaret Fans merupakan hoaks, hal tersebut berdasarkan salah satu postingan Instagram resmi Indomaret. Pihak Indomaret mengimbau agar waspada jika ada informasi yang mengatasnamakan Indomaret. Informasi resmi tentang Indomaret bisa diakses melalui www.indomaret.co.id, www.facebook.com/IndomaretMudahdanHemat,  www.instagram.com/indomaret, twitter.com/Indomaret, www.tiktok.com/@indomaretofficial. Selain itu dapat melakukan pengaduan melalui nomer ponsel 0811- 1500 – 280, email ke kontak@indomaret.co.id, atau juga dapat menghubungi 1500 – 280.

Dengan demikian Indomaret membagikan uang tunai 13 juta dalam rangka HUT RI ke-77 tidak benar dan informasi ini masuk dalam kategori konten palsu.

REFERENSI:
https://www.instagram.com/p/ChZfz48Mnfy/?hl=id