[SALAH] Upacara HUT RI ke-77 yang Dipimpin oleh Anies Tidak Disiarkan di TV

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Klaim tersebut merupakan hoaks. Faktanya, acara tersebut diliput oleh KOMPASTV dan iNews id, yang dapat dilihat pada tayangan Youtube.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1661126861.23421/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“Tidak ada media TV meliput upacara tsb..”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Rissa Adistie memposting sebuah video berdurasi 1 menit 46 detik pada 18 Agustus 2022. Dalam video tersebut terdapat artikel Kompas dengan judul “HUT Ke-77 RI, Gubernur Anies Pimpin Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Monas” disertai klaim pada caption yang mengatakan bahwa tidak ada media TV yang meliput upacara tersebut.

Setelah ditelusuri, klaim bahwa upacara yang dipimpin Anies di Monas tidak disiarkan di TV merupakan hoaks. Pada kanal Youtube KOMPASTV 17 Agustus 2022 yang berjudul “Peringatan HUT ke-77 RI, Pemprov DKI Jakarta Gelar Upacara di Plaza Setalan Monas” dan kanal Youtube iNews id pada video berjudul “Anies Ajak Peserta Upacara HUT ke-77 RI Renungkan Jasa Pahlawan Dibalik Berkibarnya Merah Putih” merupakan video liputan upacara HUT RI ke-77 yang dipimpin Anies.

Dengan demikian klaim upacara HUT RI ke-77 yang dipimpin oleh Anies tidak disiarkan di TV merupakan hoaks yang masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.youtube.com/watch?v=HnzNswEbVe0
https://www.youtube.com/watch?v=BfRzUAYY3l4

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Dedy Helsyanto