[SALAH] Alfamart Membagikan Hadiah Mobil dan Belanja Gratis dalam Rangka HUT RI ke-77

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Hal tersebut tidak benar. Faktanya, pihak Alfamart telah mengklarifikasi melalui postingan Instagramnya bahwa postingan tersebut merupakan hoaks dan menghimbau agar waspada terhadap informasi yang mengatasnamakan pihak Alfamart.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten Tiruan

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1661125318.071141/singlefile.html

= = = = =

NARASI:
“Halo semuanya saya Djoko Susanto Pemilik Alfamart Indonesia. Masih Dalam Rangka Memeriahkan HUT KEMERDEKAAN RI KE 77, Alfamart Club , Mulai dari hari ni Kami Akan Memberikan kejutan hadiah mobil dan Belanja GRATIS di setiap alfamart terdekat kepada 5 orang Pemenang di Facebook. yang Berhasil Mengetik “GRATIS” Program ini Berlaku sampai tanggal 31 Agustus.”
= = = = =

PENJELASAN:
Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77 Alfamart memberikan hadiah mobil dan belanja gratis kepada 5 orang pemenang di Facebook. Program tersebut berlaku sampai 31 Agustus mendatang. Narasi tersebut diposting oleh akun Facebook Alfamart Club pada 20 Agustus 2022. Pada kolom komenter akun tersebut juga menuliskan link untuk mendaftar. Postingan tersebut juga menyertakan beberapa foto dengan latar belakang toko alfamart.

Setelah ditelusuri, narasi pada postingan akun Facebook Alfamart Club merupakan hoaks, hal tersebut berdasarkan salah satu postingan Instagram resmi Alfamart. Pihak Alfamart menghimbau agar waspada jika ada informasi yang mengatasnamakan Alfamart. Informasi resmi tentang Alfamart bisa diakses melalui www.alfamart.co.id, www.facebook.com/alfamartku, www.instagram.com/alfamart, www.twitter.com/alfamart, https://www.tiktok.com/@alfamartku, WhatsApp Alfamart 0811- 1500 – 959, email ke alfacare@sat.co.id, atau juga dapat menghubungi ALFACARE 1500 – 959.

Dengan demikian Alfamart membagikan hadiah mobil dan belanja gratis dalam rangka HUT RI ke-77 tidak benar dan informasi ini masuk dalam kategori konten tiruan.

REFERENSI:
https://www.instagram.com/p/ChTrQdDBngf/?hl=id

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Dedy Helsyanto