[SALAH] Gratis kuota 30GB berbagai operator

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Pesan berantai yang menyebutkan gratis kuota 30GB dari berbagai operator adalah salah. Berbagai perusahaan operator menegaskan tidak ada program pemberian kuota gratis dalam rangka kemerdekaan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
====================
Konten: Konten yang menyesatkan

Beredar sebuah pesan berantai melalui Whatsapp yang menyebutkan gratis kuota 30GB berbagai operator dalam rangka hari kemerdekaan, infromasi tersebut berisikan link dari berbagai operator dengan narasi di dalamnya sebagai berikut:

NARASI:
Jika Anda ingin Mendapatkan Data 30GB Gratis. Kemudian klik tombol yang diberikan di bawah ini. Kami menawarkan 30GB Gratis. Dapatkan Sekarang dan bagikan ke semua keluarga dan teman Anda. Catatan! ini adalah penawaran waktu terbatas.

Sumber: Whatsapp https://archive.ph/ypYQI Arsip
====================

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, pesan berantai yang menyebutkan gratis kuota 30GB dari berbagai operator adalah salah.

Dilansir dari Liputan6.com, General Manager External Corporate Communications Telkomsel Aldin Hasyim menanggapi beredarnya informasi mengenai modus penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel.

“Terkait beredarnya promo Hari Kemerdekaan Indonesia Penawaran Khusus Internet Gratis 30GB, Telkomsel memastikan promo tersebut bukan berasal dari Telkomsel”.

Dilansir dari Merdeka.com, pihak XL Axiata melalui Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan, informasi penawaran internet gratis Hari Kemerdekaan Indonesia sebesar 30 GB tersebut tidak benar.

Selain itu, pihak Indosat Ooredoo Hutchison (IOH). SVP-Head of Corporate Communications IOH Steve Saerang mengungkapkan, penawaran internet gratis Hari Kemerdekaan Indonesia sebesar sebesar 30 GB bukan resmi berasal dari IOH.

Dengan demikian, informasi terkait gratis kuota 30GB dari berbagai operator adalah tidak benar, sehingga masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5043255/waspada-penipuan-internet-gratis-30-gb-dari-telkomsel-untuk-peringati-hari-kemerdekaan-ri
https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-internet-gratis-hari-kemerdekaan-ri-dari-telkomsel-hingga-indosat.html

EDITOR: Adi Syafitrah