[SALAH] Gambar Kejadian Tangki BBM meledak di Purwokerto

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Klaim tersebut tidak benar. Faktanya, gambar tersebut merupakan kejadian meledak dan terbakarnya truk tangki BBM di ibu kota Sierra Leone, Freetown pada Jumat 10 Juni 2021.

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1660439918.601155/index.html

= = = = =

NARASI:
“Kejadian Malam ini Di Purwokerto Mohon Doanya Bagi Orang Yang Punya Hati😭”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Nauval R memposting sebuah tautan artikel dengan judul “Tepat Hari Ini, Tangki BBM Meledak di Depan Alfamart. Puluhan Orang Jadi Korban. Mayyat Bergelimpangan Di Depan SPBU”. Dalam postingan yang menyertakan gambar tampilan sebuah kejadian kebakaran tersebut disertakan juga caption yang mengklaim bahwa kejadian tersebut berlokasi di Purwokerto.

Setelah ditelusuri melalui google Image, diketahui unggahan Facebook tersebut identik dengan salah satu berita yang dimuat oleh jabar.inews.id berjudul “Truk Tangki BMM Meledak di Depan Supermarket, 99 Orang Tewas Terbakar”. Gambar tersebut merupakan kebakaran yang terjadi pasca truk tangki BBM meledak dan terbakar di depan sebuah supermarket yang berlokasi di ibu kota Sierra Leone, Freetown pada Jumat 10 Juni 2021 sekitar pukul 22.00 waktu setempat.

Dengan demikian klaim bahwa gambar pada postingan berlokasi di Purwokerto tidak benar, sehingga masuk dalam kategori konteks yang salah.

REFERENSI:
https://jabar.inews.id/berita/truk-tangki-bbm-meledak-di-depan-supermarket-99-orang-tewas-terbakar

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Dedy Helsyanto