[SALAH] Video Mobil Terbakar Karena Mengisi BBM menggunakan Aplikasi

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Klaim pada video tersebut tidak benar. Faktanya, mobil tersebut terbakar karena percikan api dari mesin mobil yang dihidupkan saat pengisian BBM.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/eXctU

= = = = =

NARASI:
“MyPertamina
Nah sudah ada kejadian akibat ada peraturan goblok dlm mengisi BBM menggunakan aplikasi Tadi sore di SPBU desa Wero Gombong Kebumen
……..
Inilah skenario dari r3z1m
Hancurkan negara.”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook El Kha Anyelir memposting sebuah video berdurasi 30 detik. Dalam video tersebut memperlihatkan sebuah kejadian mobil yang terbakar di SPBU desa Wero Gombong Kebumen, nampak beberapa pegawai yang berusaha memadamkan api. Terdapat klaim bahwa kejadian tersebut disebabkan oleh peraturan mengisi BBM menggunakan aplikasi.

Setelah ditelusuri, kejadian mobil terbakar di SPBU Wero, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen benar adanya. Namun kejadian tersebut disebabkan oleh percikan api dari mesin mobil yang dihidupkan saat pengisian BBM jenis Pertalite, hal tersebut dijelaskan oleh Kasubsi Penmas Aiptu S Catur Nugraha. Kejadian tersebut terjadi pada Kamis 7 Juli 2022 sekitar pukul 20.20 WIB.

Dengan demikian klaim bahwa kejadian kebakaran disebabkan oleh peraturan mengisi BBM menggunakan aplikasi tidak benar. Mobil tersebut terbakar karena percikan api dari mesin mobil yang dihidupkan saat pengisian BBM, sehingga masuk dalam kategori konteks yang salah.

REFERENSI:
https://regional.kompas.com/read/2022/07/08/161723878/viral-video-mobil-terbakar-di-spbu-gombong-kebumen-ini-penjelasan-polisi
https://www.youtube.com/watch?v=vVgZRY1wsds

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Dedy Helsyanto